Pengembangan Modul Ajar Berbasis PBL Materi Sel fase F SMA

Rahmi, Lailatur (2024) Pengembangan Modul Ajar Berbasis PBL Materi Sel fase F SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_LAILATUR_RAHMI_20031014_3649_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurikulum Merdeka merupakan perwujudan usaha pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Kurikulum Merdeka mewajibkan guru untuk merancang modul ajar. Berdasarkan analisis telaah perangkat pembelajaran menggunakan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) terdapat kekurangan pada komponen modul ajar yang telah disusun oleh guru. Berdasarkan analisis angket kebutuhan guru ditemukan bahwa 100% guru biologi terkendala dalam menyusun modul ajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul ajar berbasis Problem Based Learning (PBL) materi sel fase F SMA yang valid dan terbaca. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang berpedoman pada desain penelitian dan pengembangan model Four-D dibatasi menjadi tiga tahapan yaitu define, design, dan develop. Subjek penelitian ini adalah 2 orang dosen ahli biologi FMIPA UNP dan 3 orang guru biologi, serta 178 orang peserta didik SMAN 1 Batusangkar. Objek penelitian ini adalah modul ajar berbasis PBL materi sel fase F SMA. Data penelitian yang digunakan yaitu data primer. Instrumen pengumpulan data yaitu angket kebutuhan guru dan peserta didik, angket validitas, serta angket keterbacaan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar memiliki nilai validitas sebesar 95,46% (sangat valid) serta nilai keterbacaan 94,99% (sangat baik) dari guru dan 81,43% (baik) dari peserta didik. Hal ini menunjukkan bahwa modul ajar berbasis PBL materi sel fase F SMA sudah valid dan terbaca sehingga sudah bisa digunakan sebagai perangkat ajar di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFajrina, SuciUNSPECIFIED
CorrectorHelendra, HelendraUNSPECIFIED
CorrectorRahmi, Fitri OlviaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Sep 2024 00:56
Last Modified: 05 Sep 2024 00:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53786

Actions (login required)

View Item View Item