Pengaruh Keberagaman Gender Terhadap Kinerja Perusahaan dengan Corporate Sosial Responsibility sebagai Variabel Mediasi (Studi Empiris pada Perusahaan Consumer Non-Cylicals yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2022).

Fanesha, Meysa (2024) Pengaruh Keberagaman Gender Terhadap Kinerja Perusahaan dengan Corporate Sosial Responsibility sebagai Variabel Mediasi (Studi Empiris pada Perusahaan Consumer Non-Cylicals yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2022). Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
B1_6_MEYSA_FANESHA_20043016_4981_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keberagaman gender terhadap kinerja perusahaan dengan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) sebagai variabel mediasi. Keberagaman gender diukur dengan perbandingan kehadiran wanita dalam dewan direksi dan komisaris terhadap jumlah anggota dewan direksi dan komisaris. Kinerja perusahaan dinilai dengan menggunakan tiga proksi: Return On Assets (ROA), Return on Equity (ROE), dan Tobin's Q. CSR dievaluasi menggunakan indeks pengungkapan CSR yang dikembangkan oleh Garanina dan Kim (2023). Data yang digunakan adalah laporan tahunan dan laporan keberlanjutan perusahaan consumer non-cyclicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018 2022. Perusahaan consumer non-cyclicals adalah perusahaan yang memproduksi barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan primer. Sampel dipilih menggunakan purposive sampling yang berjumlah 64 perusahaan. Analisis menggunakan metode Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan keberagaman gender tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan dengan proksi ROA dan ROE, namun berpengaruh terhadap kinerja dengan proksi Tobin's Q. Keberagaman gender berpengaruh negatif terhadap CSR, dan CSR berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja dengan proksi ROA tetapi tidak berpengaruh terhadap proksi ROE dan Tobin's Q. CSR memediasi pengaruh keberagaman gender terhadap kinerja perusahaan dengan proksi ROA tetapi tidak memediasi pengaruhnya terhadap kinerja dengan proksi ROE dan Tobin's Q.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSebrina, NurziUNSPECIFIED
CorrectorSerly, VanicaUNSPECIFIED
CorrectorHalmawati, HalmawatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KINERJA PERUSAHAAN, KEBERAGAMAN GENDER, SOSIAL RESPONSIBILITY
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 05 Sep 2024 00:56
Last Modified: 05 Sep 2024 00:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53785

Actions (login required)

View Item View Item