Pengaruh Penerapan Metode Think Pair Share Disertai dengan Game Truth Or Dare Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS di SMAN 1 Kec. Pangkalan Koto Baru.

Putri, Mela Cahya (2024) Pengaruh Penerapan Metode Think Pair Share Disertai dengan Game Truth Or Dare Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS di SMAN 1 Kec. Pangkalan Koto Baru. Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
B1_1_MELA_CAHYA_PUTRI_20053088_4652_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa pada pembelajaran ekonomi masih banyak yang belum mencapai KKM, hal ini diduga karena metode pembelajaran yang digunakan masih kurang bervariasi dan masih menggunakan pembelajaran konvensional. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan metode pembelajaran yang membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran agar bisa meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran adalah pembelajaran kooperatif dengan metode think pair share disertai dengan game truth or dare. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode think pair share disertai dengan game truth or dare terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS di SMAN 1 Pangkalan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang menggunakan rancangan penelitian randomized control group pretest posttest desig. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Sampel yang dipilih adalah kelas X IPS 1 dan X IPS 2. Instrument penelitian yang digunakan berupa soal tes hasil belajar siswa. Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil data tingkat pengetahuan siswa dengan uji normalitas dan uji homogenitas diperoleh hasil yaitu data berdistribusi normal dan varians homogen. Kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikan 5% diperoleh t hitung >t tabel yaitu 3,806>1,67356. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode think pair share disertai dengan game truth or dare terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS di SMAN 1 Kec. Pangkalan Koto Baru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFriyatmi, FriyatmiUNSPECIFIED
CorrectorCerya, EfniUNSPECIFIED
CorrectorSofia, NitaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, KONVENSIONAL. PENDIDIKAN EKONOMI
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 04 Sep 2024 06:45
Last Modified: 04 Sep 2024 06:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53782

Actions (login required)

View Item View Item