Pengaruh Motivasi dan Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Negeri Padang

Hasyim, Rahman (2023) Pengaruh Motivasi dan Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_RAHMAN_HASYIM_18067096_701_2024.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tumbuhnya minat mahasiswa untuk berwirausaha dipengaruhi oleh motivasi. Motivasi adalah hal yang menyebabkan, menyalurkan dan mendukung perilaku manusia supaya mau bekerja giat dan antusias mencapai hasil yang optimal. Data UPT PKK Universitas Negeri Padang 2022, menunjukkan mahasiswa jurusan teknik mesin masih kurang berpartisipasi dan berkontribusi dalam kegiatan kewirausahaan yang ada di universitas, yaitu hanya sebanyak 31 orang yang lolos pendanaan dalam program kewirausahaan dari jumlah mahasiswa teknik mesin keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat motivasi dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat mahasiswa jurusan teknik mesin dalam berwirausaha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan instrumen kuisioner kepada mahasiswa Depatermen Teknik Mesin Angkatan 2018 dan 2019 Universitas Negeri Padang. Ada 100 orang mahasiswa yang dilibatkan dalam penelitian ini. Hasil menunjukkan variabel motivasi memiliki nilai koefisien regresi 0, 174 dan untuk variabel pengetahuan dengan koefisien regresi 0,433 yang menunjukkan bahwa kedua variabel tersebut berpengaruh terhadap minat berwirausaha. Hasil uji F menunjukkan bahwa motivasi dan pengetahuan berpengaruh secara simultan terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa minat berwirausaha mahasiswa dipengaruhi oleh motivasi dan adanya pengetahuan mahasiswa tentang dunia wirausaha. Selain dapat memaksimalkan mata kuliah wirausaha yang dipelajari, juga dapat dimaksimalkan dengan memanfaatkan unit kegiatan kewirausahaan yang ada, serta program kewirausahaan lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyahril, SyahrilUNSPECIFIED
CorrectorIndrawan, EKoUNSPECIFIED
CorrectorPrimawati, PrimawatiUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 04 Sep 2024 06:44
Last Modified: 04 Sep 2024 06:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53779

Actions (login required)

View Item View Item