Islamimahdi, Islamimahdi
(2023)
Penerapan Metode Pembelaj aran Berbasis Video Tutorial Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar
Teknik Mesin di SMK Negeri 1 Sumatera Barat.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penerapan model pembelajaran yang tepat akan memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa, antara siswa dengan siswa serta guru dengan siswa agar pembelajaran menjadi menyenangkan dan materi ajar yang disampaikan oleh guru dapat mudah dipahami. Penerapan media seperti video tutorial dapat meningkatkan minat belajar siswa, proses pembelajaran lebih efektif dan guru lebih mudah dalam menyampaikan materi pembelajaran. Penelitian ini.bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran video tutorial dan media konvensional.
Metode penelitian yang digunakan adalah adalah metode eksperimen. Desain yang digunakan adalah desain kelompok eksperimen dan kontrol menggunakan pretest, bentuk ini dinamakan pula desain Pretest-Posttest Group Design. Desain ini menentukan pengaruh perlakuan dengan membandingkan rata rata posttest antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol di akhir penelitian. Tes digunakan untuk memperoleh hasil belajar siswa yang menjadi populasinya adalah kelas X TP di SMK Negeri 1 Sumbar, untuk kelas eksperimen berjumlah 36 orang dan kelas kontrol 36 orang. Tes sebelum diujikan terlebih dahulu diuji cobakan kepada pernah mendapatkan perlakuan yang sama"yaitu kelas XI TP setelah itu barn di ujikan ke kelas X TP.
Hasil dari pengujian Independent Samples Test nilai sig, (2 tailed) sebesar 0,012 dengan demikian jelas terlihat bahwa nilai sig. (2 tailed) < 0,050 berarti adanya perbedaan yang signifikan atau terdapat perbedaan hasil belajar dengan menggunakan media konvensional dengan media video tutorial. Perbedaan hasil belajar tersebut dapat di katakan bahwa adanya pengaruh media pembelajaran video tutorial terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin kelas X TP.
Actions (login required)
|
View Item |