Penerapan Metode Pembelaj aran Berbasis Video Tutorial Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin di SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Islamimahdi, Islamimahdi (2023) Penerapan Metode Pembelaj aran Berbasis Video Tutorial Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_ISLAMIMAHDI_17067079_430_2024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penerapan model pembelajaran yang tepat akan memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa, antara siswa dengan siswa serta guru dengan siswa agar pembelajaran menjadi menyenangkan dan materi ajar yang disampaikan oleh guru dapat mudah dipahami. Penerapan media seperti video tutorial dapat meningkatkan minat belajar siswa, proses pembelajaran lebih efektif dan guru lebih mudah dalam menyampaikan materi pembelajaran. Penelitian ini.bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran video tutorial dan media konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah adalah metode eksperimen. Desain yang digunakan adalah desain kelompok eksperimen dan kontrol menggunakan pretest, bentuk ini dinamakan pula desain Pretest-Posttest Group Design. Desain ini menentukan pengaruh perlakuan dengan membandingkan rata­ rata posttest antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol di akhir penelitian. Tes digunakan untuk memperoleh hasil belajar siswa yang menjadi populasinya adalah kelas X TP di SMK Negeri 1 Sumbar, untuk kelas eksperimen berjumlah 36 orang dan kelas kontrol 36 orang. Tes sebelum diujikan terlebih dahulu diuji cobakan kepada pernah mendapatkan perlakuan yang sama"yaitu kelas XI TP setelah itu barn di ujikan ke kelas X TP. Hasil dari pengujian Independent Samples Test nilai sig, (2 tailed) sebesar 0,012 dengan demikian jelas terlihat bahwa nilai sig. (2 tailed) < 0,050 berarti adanya perbedaan yang signifikan atau terdapat perbedaan hasil belajar dengan menggunakan media konvensional dengan media video tutorial. Perbedaan hasil belajar tersebut dapat di katakan bahwa adanya pengaruh media pembelajaran video tutorial terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin kelas X TP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIndrawan, EkoUNSPECIFIED
CorrectorPurwantono, PurwantonoUNSPECIFIED
CorrectorKurniawan, AndreUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 04 Sep 2024 06:40
Last Modified: 04 Sep 2024 06:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53773

Actions (login required)

View Item View Item