Analisis Kemampuan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik SMAN 1 Padang tentang Pendidikan Seksual pada Materi Sistem Reproduksi

Amir, Azhaari Aziizah (2024) Analisis Kemampuan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik SMAN 1 Padang tentang Pendidikan Seksual pada Materi Sistem Reproduksi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_AZHAARI_AZIIZAH_AMIR_19031067_3861_2024.pdf

Download (983kB) | Preview

Abstract

Pendidikan seksual (sex education) menjadi salah satu fenomena sosio saintifik yang dianggap tabu di kalangan masyarakat, namun kajian ini sangat relevan dibahas melalui materi sistem reproduksi di sekolah. Guru Biologi SMAN 1 Padang telah melakukan upaya untuk melatih kemampuan menalar dan mengomunikasikan argumentasi ilmiah peserta didik. Akan tetapi, guru biologi SMAN 1 Padang belum pernah mengukur kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik. Tingkat argumentasi ilmiah peserta didik tentang pendidikan seksual pada materi sistem reproduksi perlu dinilai atau diukur sebagai bahan pertimbangan bagi guru dalam merencanakan, melaksanakan proses pembelajaran, dan mengevaluasinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik SMAN 1 Padang tentang pendidikan seksual pada materi sistem reproduksi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan pada penelitian ini adalah Simple Random Sampling, dengan jumlah sampel 36 orang peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Padang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes esai kemampuan argumentasi ilmiah yang sudah valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik berada pada level 3 dengan kategori cukup 42,56%. Berdasarkan komponen argumentasi ilmiah, sebanyak 40% peserta didik menyertakan klaim (claim) di dalam jawabannya, 28% mengandung data, 13% jaminan (warrant), 17% dukungan (backing), 1% sanggahan atau bantahan (rebuttal), dan sebanyak 1% peserta didik memberikan jawaban klaim yang tidak tepat. Kesimpulan penelitian ini adalah tingkat kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik SMAN 1 Padang tentang pendidikan seksual pada materi sistem reproduksi berada pada level 3 dengan kategori cukup dan argumentasi ilmiah peserta didik didominasi oleh klaim (claim) sebanyak 40%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZulyusri, ZulyusriUNSPECIFIED
CorrectorArdi, ArdiUNSPECIFIED
CorrectorAnggriyani, RiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENDIDIKAN SEKSUAL PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Sep 2024 02:42
Last Modified: 04 Sep 2024 02:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53772

Actions (login required)

View Item View Item