Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Google site dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Mesin Bubut Di Smk Negeri 1 Padang

Rizal, Ikhsanul (2023) Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Google site dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Mesin Bubut Di Smk Negeri 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_IKHSANUL_RIZAL_18067008_655_2024.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi yang dilakukan di SMK Negeri 1 Padang, siswa lebih semangat dan lebih minat disaat guru menyampaikan materi dengan memanfaatkan teknologi. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan media Google sites. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif prinsip analisis eksperimental dengan quasi experimental design sehingga dipilih dua kelas yaitu kelas XI TP. A (eksperimen) dan XI TP. B (kontrol). Hasil penelitian diperoleh untuk penggunaan media pembelajaran Google sites dari kelas eksperimen presentasenya adalah 69,9% tergolong baik. Minat belajar kelas eksperimen persentasenya adalah 73,8% tergolong baik dan minat belajar kelas kontrol persentasenya adalah 72,9% tergolong baik. Tingkat keefektifan media Google sites dengan perhitungan manual didapatkan thitung 0, 176 dan ttabel 2,008, thitung < ttabel sehingga HO diterima, dan Hl ditolak, sedangkan perhitungan dengan SPSS didapatkan Two-Sided p 0,697, dengan perbandingan 0,697 > 0,05 HO diterima dan Hl ditolak, media pembelaran Google sites tidak efektif dalam meningkatkan minat belajar kelas XI Teknik Pemesinan A.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWaskito, WaskitoUNSPECIFIED
CorrectorYufrizal, YufrizalUNSPECIFIED
CorrectorNabawi, Rahmat AzisUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 04 Sep 2024 02:42
Last Modified: 04 Sep 2024 02:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53771

Actions (login required)

View Item View Item