Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Proses Pembelajaran Mahasiswa pada Mata Kuliah Teknologi Pemesianan di Departemen Teknik Mesin FT UNP

Adhitya, Fitra (2023) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Proses Pembelajaran Mahasiswa pada Mata Kuliah Teknologi Pemesianan di Departemen Teknik Mesin FT UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_FITRA_ADHITYA_16067080_654_2024.pdf.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pendidik di haruskan untuk memilih strategi dalam proses belajar seperti model pembelajaran sehingga memberikan dampak positif. Penerapan model pembelajaran memberikan bantuan untuk menaikan kreatifitas peserta didik. Mata kuliah Teknologi Pemesinan ialah mata kuliah bidang keahlian wajib dalam menjalani program pendidikan di Departemen Teknik Mesin FT UNP. Obsevarsi yang dilakukan pada kelas yang belajar mata kuliah Teknologi Pemesinan diketahui masih banyak proses pembelajaran mahasiswa yang kurang maksimal. Salah satu faktor yang memberikan dampak atas proses pembelajaran ini yaitu pembelajaran teknologi pemesinan yang masih berfokus kepada dosen yang membuat mahasiswa keaktifannya berkurang. Tujuan kajian ini yaitu melihat pengaruh penerapan pembelajaran Project Based Learning (PJBL) atas proses pembelajaran mahasiswa mata kuliah teknologi pemesinan di Departemen Teknik Mesin FT UNP. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif korelasional. Kuantitatif korelasional ialah jenis penelitian yang menekankan analisis dengan angka yang didapatkan menggunakan metode statitiska dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel. Hasil uji t parsial maka didapatkan nilai signifikan penerapan model PjBL (X) terhadap proses pembelajaran (Y) yaitu 0,000. Berdasarkan hasil keputusan output coefficients diketahui sig 0,000 <0,05 dan T hitung 7.901 > T tabel 2,001. Kesimpulan kajian ini yaitu ada pengaruh antara penerapan project base learning dengan proses pembelajaran teknik Pemesinan di Departemen Teknik Mesin FT UNP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIndrawan, EkoUNSPECIFIED
CorrectorMulianti, MuliantiUNSPECIFIED
CorrectorYufrizal, YufrizalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Poject Based Learning, Proses Pembelajaran,Teknik Pemesinan, Departemen Teknik Mesin FT UNP.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Sep 2024 03:55
Last Modified: 03 Sep 2024 04:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53761

Actions (login required)

View Item View Item