Perancangan dan Pembuatan Sistem Kontrol Alat Tanam Benih Jagung Berbasis Arduino Uno Menggunakan Android Sebagai Remote Control

Unnazif, Dia (2023) Perancangan dan Pembuatan Sistem Kontrol Alat Tanam Benih Jagung Berbasis Arduino Uno Menggunakan Android Sebagai Remote Control. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_DIA_UNNAZIF_16065020_248_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Perancangan dan pembuatan sistem kontrol alat tanam benih jagung berbasis arduino uno menggunakan android sebagai remote control, bertujuan untuk mengaplikasikan teknologi berbasis Arduino Uno dalam mengontrol alat tanam benih jagung agar dapat dikendalikan dari jarak jauh melalui komunikasi Bluetooth HC-05. Metode perancangan dan pembuatan alat ini dilakukan mulai dari studi literature, perancangan sistem, pembuatan dan pengujian alat. Pengontrolan sistem pada alat tanam benih jagung ini, dilakukan oleh Mikrokontroler ATmega 328 untuk menjalankan dua motor DC. Mikrokontroler ATmega 328 menerima perintah dari android melalui komunikasi bluetooth dan diteruskan ke driver motor IBT-2 BTS7960 untuk menggerakkan dan menentukan arah putaran motor DC sesuai perintah yang di inputkan dari android sebagai remote control. Hasil pegujian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa sistem kontrol alat tanam benih jagung bisa bekerja dengan baik sesuai dengan rancangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEdidas, EdidasUNSPECIFIED
CorrectorAlmasri, AlmasriUNSPECIFIED
CorrectorJasril, Ilmiyati RahmyUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Sep 2024 03:54
Last Modified: 03 Sep 2024 03:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53760

Actions (login required)

View Item View Item