Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Menggunakan Model Role-playing di SDN 05 Sasak Ranah Pasisie Pasaman Barat

Ulmarhamah, Lifta Nisa (2024) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Menggunakan Model Role-playing di SDN 05 Sasak Ranah Pasisie Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_LIFTA_NISA_ULMARHAMAH_20129302_3425_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih rendah, hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang masih dominan bersifat satu arah dan guru kurang menerapkan variasi model pembelajaran tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila menggunakan model pembelajaran Role-playing di kelas IV SDN 05 Sasak Ranah Pasisie Pasaman Barat. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Pada setiap siklus melibatkan empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV SDN 05 Sasak Ranah Pasisie yang berjumlah 22 orang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) modul ajar siklus I dengan rata-rata 81,24% (B) dan siklus II dengan rata-rata 93,75% (A); b) pelaksanaan pada aspek aktivitas guru pada siklus I dengan rata-rata 82,5% (B) dan siklus II dengan rata-rata 90% (B); c) hasil belajar peserta didik pada siklus I dengan rata-rata 74,59 (C) dan pada siklus II dengan rata-rata 87,66 (B). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran Role-playing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran pendidikan Pancasila.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWaldi, AtriUNSPECIFIED
CorrectorPutera, Rafhi FebryanUNSPECIFIED
CorrectorMuhammadi, MuhammadiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 02 Sep 2024 06:59
Last Modified: 02 Sep 2024 06:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53750

Actions (login required)

View Item View Item