Pengaruh Tingkat Kesehatan Bank menurut Risk Based Bank Rating terhadap Perusahaan Profitabilitas Perbankan pada yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Balqis, Amirah (2024) Pengaruh Tingkat Kesehatan Bank menurut Risk Based Bank Rating terhadap Perusahaan Profitabilitas Perbankan pada yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
B1_7_AMIRAH_BALQIS_20059117_4908_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh risiko kredit yang diukur dengan NPL, risiko likuiditas yang diukur dengan LDR, pendapatan yang diukur dengan NIM dan BOPO, dan permodalan yang diukur dengan CAR terhadap Profitabilitas yang diukur dengan ROA pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pemilihan sampel menggunakan metode puposive sampling. Sampel penelitian ini adalah 24 bank konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berdasarkan rasio bank. Terdapat Risiko Kredit yang diukur dengan Non Performing Loan (NPL), Risiko Likuiditas yang diukur dengan Loan to Deposit Ratio (LDR), Pendapatan yang diukur dengan Net Interest Margin (NIM) kemudian Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) dan kemudian Permodalan yang diukur dengan Capital Adequacy Ratio (CAR). Variabel terikatnya adalah Profitabilitas yang diukur dengan Return on Assets (ROA). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analis regresi data panel dan dilakukan dengan Eviews 13. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Risiko Kredit dan Pendapatan yang diukur dengan Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) mempunyai pengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas, Pendapatan yang diukur dengan Net Interest Margin berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas. Risiko Likuiditas berpengaruh positif tidak signifikan terhadap profitabilitas, dan Kecukupan Modal tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZulvia, YolandafitriUNSPECIFIED
CorrectorYusra, IrdhaUNSPECIFIED
CorrectorPatrisia, DinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KESEHATAN BANK, RISK BASED BANK, PERBANKAN
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HZ Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 02 Sep 2024 06:59
Last Modified: 02 Sep 2024 06:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53748

Actions (login required)

View Item View Item