Jufriyanti, Jufriyanti
(2024)
Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri Kecamatan Kandis Kabupaten Siak.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya kinerja guru. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Kontribusi kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. (2) Kontribusi iklim sekolah terhadap kinerja guru dan (3) Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah secara bersama-sama terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri Kecamatan Kandis Kabupaten Siak.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri Kecamatan Kandis Kabupaten Siak sebanyak 174 orang orang guru. Penarikan sampel dalam penelitian ini secara acak random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 66 orang guru. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner dan nalisis data menggunakan SPSS dengan pengujian hipotesis uji t dan uji F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada Kontribusi positif kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri Kecamatan Kandis Kabupaten Siak, dibuktikan dengan hasil analisis data diperoleh nilai regresi sebesar = 0,321.dan kontribusi 10,3% (2) Ada Kontribusi positif iklim sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri Kecamatan Kandis Kabupaten Siak, dibuktikan dengan hasil analisis data diperoleh nilai regresi sebesar = 0,258 dan kontribusi 6,6%. (3) Ada Kontribusi positif kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMP Negeri Kecamatan Kandis Kabupaten Siak sebesar 0,368 dan kontribusi 13,6 %. Hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah merupakan dua faktor yang berkontribusi terhadap kinerja guru di SMP Negeri Kecamatan Kandis Kabupaten Siak. Oleh sebab itu diharapkan kepada pihak-pihak terkait agar meningkatkan kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah agar kinerja guru dapat meningkat.
Actions (login required)
|
View Item |