Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Seni Rupa Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) di Kelas V SDN 07 Belakang Balok Kota Bukittinggi

Hidjriani, Hilmia (2024) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Seni Rupa Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) di Kelas V SDN 07 Belakang Balok Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_HILMIA_HIDJRIANI_20129145_3726_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih rendah, proses pembelajaran belum berpusat kepada peserta didik, hal ini telihat dari masih rendahnya kreatifitas peserta didik dalam pembelajaran sehingga hal ini membuat peserta didik kurang mampu mengembangkan pembelajaran yang dilaksanakan. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran seni rupa menggunakan model Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) di kelas V Sekolah Dasar Negeri 07 Belakang Balok Kota Bukittinggi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V yang berjumlah 28 orang. Pendekatan yang digunakan merupakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 2x pertemuan, dan siklus II terdiri dari 2x pertemuan. Disetiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V yang berjumlah 28 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan: 1) Penilaian modul ajar siklus I mendapatkan rata-rata 86,1% dengan kualifikasi baik (B) dan siklus II mendapatkan rata-rata 97,2% dengan kualifikasi sangat baik (SB), 2) Pelaksanaan aspek aktivitas guru pada siklus I mendapatkan rata-rata 80,21% dengan kualifikasi baik (B), dan siklus II mendapatkan rata-rata 90,61% dengan kualifikasi sangat baik (SB), 3) Penilaian terhadap peserta didik pada siklus I mendapatkan rata-rata 79,33% dengan kualifikasi cukup (C) dan siklus II mendapatkan rata-rata 89,5% dengan kualifikasi baik (B), 4) Penilaian hasil belajar pada siklus I mendapatkan rata-rata 75,8% dengan kualifikasi cukup (C) dan siklus II mendapatkan rata-rata 84,4% dengan kualifikasi baik (B). Dengan demikian pembelajaran seni rupa menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMansurdin, MansurdinUNSPECIFIED
CorrectorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
CorrectorYunisrul, YunisrulUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 02 Sep 2024 06:54
Last Modified: 02 Sep 2024 06:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53735

Actions (login required)

View Item View Item