Jamber, Egit
(2024)
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di
Café Gaul Painan.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan mengenai kualitas
pelayanan dan kepuasan pelanggan di Café Gaul Painan. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di
Café Gaul Painan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk
asosiatif kausal. Penelitian ini dilaksanakan di Café Gaul Painan Kabupaten Pesisir
Selatan. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas (Kualitas pelayanan) dan
variabel terikat (kepuasan pelanggan). Sampel dalam penelitian ini adalah 96
responden yang merupakan pelanggan yang pernah berkunjung dan melakukan
pembelian di café Gaul Painan. Pengumpulan data yang digunakan melalui
penyebaran angket yang disusun menurut skala likert.
Hasil penelitian menyatakan bahwa Kualitas Pelayanan (X) di Café Gaul
Painan dalam kategori baik dengan persentase 56,25% %. dan Kepuasan pelanggan
di Café Gaul, Painan berada dalam kategori baik dengan persentase dengan
persentase 41,66%. Berdasarkan pengujian regresi linear sederhana nilai hitung F
adalah 42,770 dengan sig. 0,000 ≤ 0,05 Artinya variabel Kualitas Pelayanan
(Variabel X) terhadap Kepuasan Pelanggan (Variabel Y) berpengaruh secara
signifikan dengan nilai Adj. R Square 0,313. Kontribusi Variabel Kualitas
Pelayanan (Variabel X) terhadap Kepuasan Pelanggan (Variabel Y) adalah sebesar
31,3% dan 68,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian ini
Actions (login required)
|
View Item |