Herliyani, Desi Tria
(2024)
Perbedaan Prokrastinasi Akademik Siswa SMP Ditinjau Dari Aspek Jenis Kelamin.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beragamnya prokrastinasi akademik yang terjadi di kalangan siswa laki-laki dan perempuan. Salah satu faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik adalah jenis kelamin. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan prokrastinasi akademik siswa laki-laki di SMP; (2) mendeskripsikan prokrastinasi akademik siswa perempuan di SMP; dan
(3) menguji apakah terdapat perbedaan prokrastinasi akademik siswa laki-laki dan siswa perempuan di SMP.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan komparatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 321 siswa di SMP Negeri 1 Pariaman. Sampel sebanyak 183 siswa di SMP Negeri 1 Pariaman dengan menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Data yang diperoleh dengan memberikan angket prokrastinasi akademik kepada siswa. Kemudian data dikumpulkan dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis uji beda (T-test) dengan taraf signifikansi 5% (=0,05).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) prokrastinasi akademik siswa laki-laki berada pada kategori sedang (69,23%); (2) prokrastinasi akademik siswa perempuan berada pada kategori rendah (56,52%); dan (3) terdapat perbedaan yang signifikan tingkat prokrastinasi akademik antara siswa laki-laki dan perempuan dengan sig. (2-tailed) 0,000 ≤ 0.05, yaitu tingkat prokrastinasi akademik siswa perempuan lebih rendah dibandingkan siswa laki-laki. Berdasarkan hasil penelitian, guru BK/Konselor dapat memberikan bantuan untuk mencegah dan mengatasi prokrastinasi akademik pada siswa dengan pemberian layanan informasi dan layanan bimbingan kelompok.
Actions (login required)
|
View Item |