Arini, Desti Ayu
(2024)
Promosi Destinasi Wisata Pulau Angso Duo Kota Pariaman.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya peningkatan kesadaran terhadap
keempat elemen promosi yaitu iklan, penjualan personal, promosi penjualan, dan
pemasaran langsung di Pulau Angso Duo Kota Pariaman. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengembangkan strategi promosi yang efektif untuk Pulau Angso
Duo Kota Pariaman dengan menerapkan analisis SWOT, studi ini bertujuan untuk
secara deskriptif mengevaluasi faktor internal, termasuk kekuatan dan kelemahan,
serta faktor eksternal, seperti peluang dan ancaman, melalui pengumpulan data
kualitatif. melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dari informan
penelitian yang dipilih secara sengaja. Proses analisis data melibatkan langkah�langkah seperti mereduksi data, menyajikan data, mengambil keputusan, serta
menganalisis strategi dengan memanfaatkan metode SWOT. Temuan penelitian
menunjukkan adanya faktor internal yang terdiri dari kekuatan dan kelemahan
dalam upaya pengembangan daya tarik sektor pariwisata di Pulau Angso Duo
Kota Pariaman, serta faktor eksternal yang mencakup peluang dan ancaman.
Sebagai strategi promosi di Pulau Angso Duo Kota Pariaman, direkomendasikan:
1) Memanfaatkan platform media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok, dan
YouTube sebagai sarana promosi periklanan. 2) Membuat konten visual menarik
dan informatif. 3) Mengajak influencer dari dalam maupun luar negeri yang
populer di media sosial dengan banyak pengikut untuk memperkenalkan Pulau
Angso Duo.4) Pengembangan aplikasi destinasi pariwisata Kota Pariaman yang
bertujuan mempermudah pengunjung dalam mendapatkan informasi tentang
berbagai objek wisata di wilayah tersebut, khususnya Pulau Angso Duo.
Actions (login required)
|
View Item |