Sandika, Citra Rahma
(2024)
Pengembangan Media E-Komik Edukatif pada Mata Pelajaran IPAS
Kelas V SD.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Media pembelajaran merupakan suatu komponen penting yang tidak dapat dipisahkan dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran memiliki eksistensi sendiri yang dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran dan keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Hasil observasi yang dilakukan pada siswa kelas V.A pada mata pelajaran IPAS diketahui kurangnya ketertarikan siswa terhadap mata pelajaran IPAS, hal ini disebabkan oleh guru menerapkan metode pembelajaran konvensional dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran. Maka peneliti mengembangkan media e-komik edukatif untuk pelajaran IPAS, e-komik merupakan komik yang berbasis digital memiliki keunggulan dari segi penggunaan. Guru maupun siswa dapat menggunakan media e-komik dengan mudah dan tampilan visual e-komik menjadi faktor yang dapat menarik rasa ingin tahu siswa terhadap media tersebut. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan mengikuti prosedur model ADDIE yang meliputi lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian dilakukan uji validitas, uji praktikalitas, dan uji efektivitas. Uji validasi materi dilakukan oleh 3 validator yang terdiri dari 1 validator materi dan 2 validator media. Uji coba produk dilakukan oleh 25 siswa kelas V.A SDN 07 Pulau Air dengan tujuan untuk mengetahui kepraktisan produk yang dikembangkan, serta uji efektivitas dilakukan dengan membagikan soal pretest dan posttest. Hasil penelitian pengembangan media e-komik edukatif memperoleh skor rata-rata untuk materi 4,92 dengan kriteria sangat valid, dan 4,95 untuk media dengan kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas siswa memperoleh total rata-rata 4,5 dengan kategori sangat praktis. Hasil uji efektivitas diperoleh sebesar 11,52 dan = 2,064. Dengan demikian didapatkan > , maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest yang berarti media e-komik edukatif yang di kembangkan berpengaruh secara signifikan.
Actions (login required)
|
View Item |