Putra, Almahzum Madi
(2024)
Analisis Strategi Pengelola Dalam Meningkatkan Kunjungan di Pantai Family Air Haji Pesisir Selatan.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pariwisata merupakan sektor yang menyumbangkan penghasil devisa
terbesar suatu negara serta dapat menciptakan lapangan pekerjaan, maka dari itu
diperlukanya pengembangan potensi wisata. Maka dari itu diperlukan strategi
pengelolaan yang efektif dan berkelanjutan untuk meningkatkan daya tarik,
kenyamanan, serta jumlah kunjungan wisatawan, sehingga potensi yang ada dapat
dimanfaatkan secara optimal dan memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat
lokal. Potensi wisata di Indonesia yang sangat kaya ini seperti potensi wisata alam,
sejarah, budaya, kuliner dan potensi wisata lainnya sangat menarik untuk
dikembangkan. Salah satu potensi wisata alam pada penelitian ini terdapat wilayah
Sumatera Barat pada Objek Wisata Pantai Family Air Haji di Kabupaten Pesisir
Selatan dimana penelitian ini dilakukan pada Januari – Februari 2024.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, ditemukan beberapa masalah
di kawaasn wisata Pantai Family Air Haji. Ulasan pengunjung yang telah
berkunjung ke Pantai Family Air Haji berisi keluhan mengenai beberapa masalah
yang perlu menjadi perhatian pihak pengelola pantai seperti masih banyak keluhan
mengenai aksesibilitas menuju ke pantai yang masih rusak, fasilitas tempat sampah,
tampat duduk dan toilet yang masih kurang tersedia, fasilitas yang tidak berfungsi
serta pengeolaan pelayanan wisata yang masih belum maksimal. Hal lain yang
ditemukan saat peneltian adalah jumlah kunjungan di Pantai Family Air Haji tidak
sesuai dengan target yang telah ditentukan oleh pihak pengelola pantai. Tujuan
khusus dari penelitian ini yaitu menganalisis strategi pengelola dalam
meningkatkan kunjungan di Pantai Family Air Haji Pesisir Selatan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif
dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Informan kunci dalam penelitian yaitu informan dari orang pemilik Pantai Family
Air Haji, 2 orang staff Pantai Family Air Haji, 2 orang masyarakat sekitaran Pantai
Family Air Haji dan 2 orang pengunjung Pantai Family Air Haji. Teknik analisis
data dengan reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil
penelitian menunjukkan analisis strategi pengelola dalam meningkatkan kunjungan
di Pantai Family Air Haji yaitu dengan pengelola menerima kritik dan saran dari
pengunjung melalui ulasan dari review online maupun secara langsung,
memperbaiki fasilitas yang rusak, membuat akun sosial media untuk membagikan
i
informasi yang berhubungan dengan Pantai Family Air Haji serta melakukan
evaluasi secara berkala.
Actions (login required)
|
View Item |