Analisis Strategi Pengelola Dalam Meningkatkan Kunjungan di Pantai Family Air Haji Pesisir Selatan

Putra, Almahzum Madi (2024) Analisis Strategi Pengelola Dalam Meningkatkan Kunjungan di Pantai Family Air Haji Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_ALMAHZUM_MADI_PUTRA_19135062_2436_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pariwisata merupakan sektor yang menyumbangkan penghasil devisa terbesar suatu negara serta dapat menciptakan lapangan pekerjaan, maka dari itu diperlukanya pengembangan potensi wisata. Maka dari itu diperlukan strategi pengelolaan yang efektif dan berkelanjutan untuk meningkatkan daya tarik, kenyamanan, serta jumlah kunjungan wisatawan, sehingga potensi yang ada dapat dimanfaatkan secara optimal dan memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat lokal. Potensi wisata di Indonesia yang sangat kaya ini seperti potensi wisata alam, sejarah, budaya, kuliner dan potensi wisata lainnya sangat menarik untuk dikembangkan. Salah satu potensi wisata alam pada penelitian ini terdapat wilayah Sumatera Barat pada Objek Wisata Pantai Family Air Haji di Kabupaten Pesisir Selatan dimana penelitian ini dilakukan pada Januari – Februari 2024. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, ditemukan beberapa masalah di kawaasn wisata Pantai Family Air Haji. Ulasan pengunjung yang telah berkunjung ke Pantai Family Air Haji berisi keluhan mengenai beberapa masalah yang perlu menjadi perhatian pihak pengelola pantai seperti masih banyak keluhan mengenai aksesibilitas menuju ke pantai yang masih rusak, fasilitas tempat sampah, tampat duduk dan toilet yang masih kurang tersedia, fasilitas yang tidak berfungsi serta pengeolaan pelayanan wisata yang masih belum maksimal. Hal lain yang ditemukan saat peneltian adalah jumlah kunjungan di Pantai Family Air Haji tidak sesuai dengan target yang telah ditentukan oleh pihak pengelola pantai. Tujuan khusus dari penelitian ini yaitu menganalisis strategi pengelola dalam meningkatkan kunjungan di Pantai Family Air Haji Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan kunci dalam penelitian yaitu informan dari orang pemilik Pantai Family Air Haji, 2 orang staff Pantai Family Air Haji, 2 orang masyarakat sekitaran Pantai Family Air Haji dan 2 orang pengunjung Pantai Family Air Haji. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan analisis strategi pengelola dalam meningkatkan kunjungan di Pantai Family Air Haji yaitu dengan pengelola menerima kritik dan saran dari pengunjung melalui ulasan dari review online maupun secara langsung, memperbaiki fasilitas yang rusak, membuat akun sosial media untuk membagikan i informasi yang berhubungan dengan Pantai Family Air Haji serta melakukan evaluasi secara berkala.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSusanti, RetnaningtyasUNSPECIFIED
CorrectorSuyuthie, HuriyantomiUNSPECIFIED
CorrectorFiza, Adek KurniaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 29 Aug 2024 06:57
Last Modified: 29 Aug 2024 06:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53702

Actions (login required)

View Item View Item