Fadhilah, Amalia
(2024)
Pengaruh Mind Mapping Terhadap Kemampuan Bercerita Kelompok B Di Tk Wijaya Kesuma III Geringging Baru.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum berkembangnya kemampuan bercerita anak secara maksimal. Hal ini disebabkan oleh belum mampunya guru dalam memilih pembelajaran yang menarik dalam mengembangkan kemampuan bercerita bagi anak. Dengan menerapkan pembelajaran yang lebih menarik, diharapkan minat anak-anak dalam mengikuti kegiatan pembelajaran akan meningkat, sehingga kemampuan anak juga meningkat. Maka berdasarkan permasalahan tersebut peneliti memberikan solusi yaitu dengan menggunakan mind mapping yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh terhadap kemampuan bercerita anak.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental. Penelitian dilaksanakan di TK Wijaya Kesuma III Geringging Baru dengan melakukan di dua kelas, yakni kelompok eksperimen kelas B2 sebanyak 13 anak serta kelompok kontrol kelas B1 sebanyak 11 anak. Teknik analisis data memakai uji (t). Namun, sebelum itu terlebih dahulu memakai uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan, secara keseluruhan terjadi kenaikan skor terhadap kelas eksperimen. Skor rata-rata pre-test dan post-test kelas kontrol adalah 13,23 dan 22,15. Sementara skor pada pre-test dan post-test kelas eksperimen adalah 13,62 dan 25,92. Data yang dihasilkan berdistribusi normal serta homogen. Pada uji hipotesis dengan independent sample t-test nilai sig (2 tailed) 0,011 yaitu lebih kecil dari 0,05. Dapat disimpulkan bahwa dari data yang diperoleh terdapat pengaruh mind mapping terhadap kemampuan bercerita kelompok B di TK Wijaya Kesuma III Geringging Baru.
Actions (login required)
|
View Item |