Kontribusi Daya Ledak Otot Tungkai dan Kekuatan Otot Lengan terhadap Kecepatan Renang Gaya Bebas 50 Meter Pada Atlet Renang SeaRIA Aquatic Universitas Negeri Padang

Efrianti, Yunia (2024) Kontribusi Daya Ledak Otot Tungkai dan Kekuatan Otot Lengan terhadap Kecepatan Renang Gaya Bebas 50 Meter Pada Atlet Renang SeaRIA Aquatic Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_YUNIA_EFRIANTI_18086232_4681.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rendahnya perolehan kecepatan renang dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor-faktor tersebut terkait dengan kemampuan fisik atlet. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kontribusi daya ledak otot tungkai dan kekuatan otot lengan terhadap kecepatan renang gaya bebas 50 meter pada atlet renang SeaRIA Aquatic Universitas Negeri Padang. Metode penelitian ini ialah penelitian korelasional yang dirancang untuk mengetahui seberapa besar kontribusi antara variabel bebas dan variabel terikat. Penelitian ini dilakukan di kolam renang FIK UNP. Sasaran penelitian adalah atlet renang SeaRIA Aquatic Universitas Negeri. Teknik sampling yang digunakan ialah purposive sampling, sehingga sampel dalam penelitian adalah sebanyak 17 atlet. Instrumen penelitian menggunakan tes standing broad jump untuk mengukur daya ledak otot tungkai, tes pull-ups untuk mengukur kekuatan otot tungkai, dan ketetapan renang gaya bebas 50 meter untuk mengukur kecepatan renang gaya bebas 50 meter. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan temuan penelitian, didapatkan hasil penelitian sebagai berikut: (1) rhitung X1 terhadap Y sebesar 0,577 > dari rtabel sebesar 0,482 dengan determinan kontribusi 57,77%, (2) rhitung X2 terhadap Y sebesar 0,635 > dari rtabel sebesar 0,482 dengan determinan kontribusi 63,50%, (3) rhitung X1 & X2 terhadap Y sebesar 0,650 > dari rtabel sebesar 0,482 dengan determinan kontribusi 65%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyahrastani, SyahrastaniUNSPECIFIED
CorrectorZulbahri, ZulbahriUNSPECIFIED
CorrectorEdwarsyah, EdwarsyahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Renang Gaya Bebas Daya Ledak Otot Tungkai Kekuatan Otot Lengan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 28 Aug 2024 07:47
Last Modified: 28 Aug 2024 07:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53649

Actions (login required)

View Item View Item