Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Benda Berpola KV-KVK Melalui Video Animasi Membaca Bagi Anak Hambatan Pendengaran Kelas III SD di SLB YPPC Painan

Yansyah, Aisyah Tri (2024) Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Benda Berpola KV-KVK Melalui Video Animasi Membaca Bagi Anak Hambatan Pendengaran Kelas III SD di SLB YPPC Painan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_AISYAH_TRI_YANSYAH_20003044_3769_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan penulis di SLB YPPC Painan, ada seorang anak hambatan pendengaran yang diidentifikasi memiliki gangguan pendengaran total belum mampu membaca kata berpola KV-KVK. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca kata benda berpola KV-KVK pada anak hambatan pendengaran di SLB YPPC Painan melalui video animasi membaca. Video animasi membaca ini adalah media dan bahan pembelajaran siswa dalam meningkatkan kemampuan membaca kata benda berpola KV-KVK. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen berbentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B dengan Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Penelitian dilakukan sebanyak 12 kali pertemuan dalam 2 kondisi yaitu kondisi baseline (A1) dan intervensi (B). Hasil penelitian menunjukkan pada kondisi baseline (A1) yang dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan yang memperoleh presentase stabil 6%. Pada kondisi Intervensi (B) yang dilakukan sebanyak 8 kali pertemuan yang memperoleh presentase stabil 86%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca kata benda berpola KV-KVK pada anak hambatan pendengaran dapat ditingkatkan menggunakan video animasi membaca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIrdamurni, IrdamurniUNSPECIFIED
CorrectorMarlina, MarlinaUNSPECIFIED
CorrectorMahdi, ArisulUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 28 Aug 2024 07:29
Last Modified: 28 Aug 2024 07:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53647

Actions (login required)

View Item View Item