Efektivitas Kalimat Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP

Yulistia, Yosi (2022) Efektivitas Kalimat Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_YOSI_YULISTIA_17016126_1508.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan pertama, mendeskripsikan keefektifan kalimat dari segi ketepatan struktur. Kedua, mendeskripsikan keefektifan kalimat dari segi ketepatan pilihan kata. Ketiga, mendeskripsikan keefektifan kalimat dari segi ketepatan Ejaan dalam teks deskripsi siswa kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data yang dilakukan, yaitu studi dokumentasi. Sumber data penelitian ini berupa teks deskripsi yang ditulis oleh siswa kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP yang ditinjau dari tiga indikator, yaitu ketepatan struktur kalimat, ketepatan pilihan kata, terbagi dua bagian yaitu (a) kebakuan kata dan (b) kehematan kata, dan ketepatan ejaan, difokuskan kepada (a) huruf kapital dan (b) tanda baca. Data penelitian diperoleh dengan meminjam tugas teks deskripsi siswa kepada guru. Data tersebut dianalisis dengan langkah-langkah (1) mengidentifikasi siswa berdasarkan nama siswa yang telah diurutkan, kode siswa dan kelas, (2) inventarisasi data berdasarkan kode siswa dan kode data serta kalimat yang tertulis dalam teks deskripsi siswa yang dianalisis, (3) penganalisisan data berdasarkan identifikasi penggunaan indikator keefektifan kalimat dalam teks deskripsi, dan (4) menyimpulkan hasil deskripsi data. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keefektifan kalimat dari segi ketepatan struktur kalimat, ditemukan 35 kalimat tidak efektif dan ditemukan 166 kalimat efektif. Kedua, keefektifan kalimat dari segi ketepatan pilihan kata, ditemukan kesalahan paling banyak pada kehematan kata yaitu 78 kalimat yang tidak efektif dan dari kebakuan kata ditemukan 58 kalimat tidak efektif. Ketiga, keefektifan kalimat dari segi ketepatan ejaan, dari penggunaan huruf kapital ditemukan 35 kalimat tidak efektif dan 48 kalimat tidak efektif dari penggunaan tanda baca. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa keefektifan kalimat dalam teks deskripsi siswa kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP berada pada kualifikasi kurang baik. Hal tersebut dibuktikan dari 201 kalimat yang dianalisis dalam penelitian ini, hanya 39 kalimat yang efektif, sedangkan 162 kalimat tidak efektif. Kesalahan paling banyak ditemukan dari segi ketepatan pilihan kata, yaitu dari segi kehematan kata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArief, ErmawatiUNSPECIFIED
CorrectorGani, ErizalUNSPECIFIED
CorrectorAmir, AmrilUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kalimat Teks Deskripsi
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 28 Aug 2024 07:08
Last Modified: 28 Aug 2024 07:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53637

Actions (login required)

View Item View Item