Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Mengggunakan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray di Kelas IV SDN 01 Sarilamak Kabupaten Lima Puluh Kota

Utami, Sri Puji (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Mengggunakan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray di Kelas IV SDN 01 Sarilamak Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_Sri_Puji_Utami_18129313_624_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru, sehingga berdampak pada rendahya hasil belajar peserta didik di kelas IV SD Negeri 01 Sarilamak kabupaten Lima Puluh Kota. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu dengan model cooperative learning tipe two stay two stray. Penelitian ini dilaksananakan dengan model Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray di kelas IV SDN 01 Sarilamak Kabupaten Lima Puluh Kota. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV yang berjumlah 16 orang. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Disetiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, pada siklus I di mulai dengan hasil analisis penyusunan: a) RPP menunjukkan rata-rata 81,77% (B) dan siklus II menjadi 93,18% (SB), b) Pelaksanaan aspek guru siklus I rata-rata 85,93% (B) dan siklus II 93,75% (SB), sedangkan pelaksanaan aspek siswa siklus I rata-rata 84,37% (B), dan siklus II menjadi 93,75% (SB), c) Penilaian terhadap hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 76.0 (C) dan siklus II rata-rata 90,2 (A) . Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIndrawati, TinUNSPECIFIED
CorrectorMuhammadi, MuhammadiUNSPECIFIED
CorrectorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 28 Aug 2024 03:05
Last Modified: 28 Aug 2024 03:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53608

Actions (login required)

View Item View Item