Utami, Sri Puji
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Mengggunakan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray di Kelas IV SDN 01 Sarilamak Kabupaten Lima Puluh Kota.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya pelaksanaan
pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru, sehingga berdampak
pada rendahya hasil belajar peserta didik di kelas IV SD Negeri 01 Sarilamak
kabupaten Lima Puluh Kota. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu
dengan model cooperative learning tipe two stay two stray.
Penelitian ini dilaksananakan dengan model Cooperative Learning tipe
Two Stay Two Stray di kelas IV SDN 01 Sarilamak Kabupaten Lima Puluh Kota.
Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV yang berjumlah 16
orang. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan
dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1
pertemuan. Disetiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan non
tes.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, pada siklus I di mulai
dengan hasil analisis penyusunan: a) RPP menunjukkan rata-rata 81,77% (B) dan
siklus II menjadi 93,18% (SB), b) Pelaksanaan aspek guru siklus I rata-rata
85,93% (B) dan siklus II 93,75% (SB), sedangkan pelaksanaan aspek siswa siklus
I rata-rata 84,37% (B), dan siklus II menjadi 93,75% (SB), c) Penilaian terhadap
hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 76.0 (C) dan siklus II rata-rata
90,2 (A) . Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Two
Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik
terpadu
Actions (login required)
|
View Item |