Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe TTW (Think Talk Write) di Kelas IVA SDIT Cahaya Hati Pauh Kambar

Azizah, Nur (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe TTW (Think Talk Write) di Kelas IVA SDIT Cahaya Hati Pauh Kambar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_Nur_Azizah_18129198_24_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis dan menguasai konsep pembelajaran yang mengakibatkan peserta didik kurang percaya diri dalam menyampaikan pemikirannya menghadapi permasalahan. Sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe TTW (Think Talk Write) di Kelas IVA SDIT Cahaya Hati Pauh Kambar. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus. Rancangan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan 25 peserta didik kelas IVA SDIT Cahaya Hati Pauh Kambar. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan penilaian RPP. Hasil penelitian pengamatan RPP siklus I memperoleh rata-rata 88% dengan kategori baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 100% kategori sangat baik (SB). Pelaksanaan pada aspek guru siklus I memperoleh rata-rata 91% meningkat pada siklus II yaitu 100% dengan kategori sangat baik (SB). Pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I memperoleh rata-rata 93% meningkat pada siklus II yaitu 100% dengan kategori sangat baik (SB). Kemudian pada aspek sikap siklus I terdapat 3 peserta didik yang sudah mencerminkan sikap utama yaitu ketaatan beribadah, percaya diri, jujur dan santun. Pada siklus II terjadi perubahan yaitu terdapat 7 peserta didik yang sudah mencerminkan sikap utama yaitu berdoa’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, peduli, dan percaya diri. Pada aspek pengetahuan pada siklus I memperoleh rata-rata 77,8 dengan kategori baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 92,4 dengan kategori sangat baik (SB). Sedangkan pada aspek keterampilan pada siklus I memperoleh rata-rata 81,94 dengan kategori baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 93,48 dengan kategori sangat baik (SB). Dengan demikian model Kooperatif Tipe TTW (Think Talk Write) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IVA SDIT Cahaya Hati Pauh Kambar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLena, Mai SriUNSPECIFIED
CorrectorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorAlwi, Nur AzmiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 28 Aug 2024 02:40
Last Modified: 28 Aug 2024 02:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53602

Actions (login required)

View Item View Item