Azizah, Nur
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe TTW (Think Talk Write) di Kelas IVA SDIT Cahaya Hati Pauh Kambar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya kemampuan peserta didik
dalam berpikir kritis dan menguasai konsep pembelajaran yang mengakibatkan
peserta didik kurang percaya diri dalam menyampaikan pemikirannya
menghadapi permasalahan. Sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Peserta
Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe
TTW (Think Talk Write) di Kelas IVA SDIT Cahaya Hati Pauh Kambar.
Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus.
Rancangan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan 25 peserta didik kelas IVA SDIT
Cahaya Hati Pauh Kambar. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan
penilaian RPP.
Hasil penelitian pengamatan RPP siklus I memperoleh rata-rata 88%
dengan kategori baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 100% kategori sangat
baik (SB). Pelaksanaan pada aspek guru siklus I memperoleh rata-rata 91%
meningkat pada siklus II yaitu 100% dengan kategori sangat baik (SB).
Pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I memperoleh rata-rata 93%
meningkat pada siklus II yaitu 100% dengan kategori sangat baik (SB). Kemudian
pada aspek sikap siklus I terdapat 3 peserta didik yang sudah mencerminkan sikap
utama yaitu ketaatan beribadah, percaya diri, jujur dan santun. Pada siklus II
terjadi perubahan yaitu terdapat 7 peserta didik yang sudah mencerminkan sikap
utama yaitu berdoa’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, peduli, dan
percaya diri. Pada aspek pengetahuan pada siklus I memperoleh rata-rata 77,8
dengan kategori baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 92,4 dengan kategori
sangat baik (SB). Sedangkan pada aspek keterampilan pada siklus I memperoleh
rata-rata 81,94 dengan kategori baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 93,48
dengan kategori sangat baik (SB). Dengan demikian model Kooperatif Tipe TTW
(Think Talk Write) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada
pembelajaran tematik terpadu di kelas IVA SDIT Cahaya Hati Pauh Kambar
Actions (login required)
|
View Item |