Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Keterampilan Belajar Pada Teknik Dasar Futsal Siswa Kelas XI Agriteknologi Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) A SMKN 1 Surade Jawa Barat

Arnol, Arnol (2024) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Keterampilan Belajar Pada Teknik Dasar Futsal Siswa Kelas XI Agriteknologi Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) A SMKN 1 Surade Jawa Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_ARNOL_19086016_3497.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bahwa masih banyak siswa yang belum mencapai tingkat hasil keterampilan belajar yang baik dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran PJOK (Pendidikan Jasmani Olahraga dan kesehatan) terkhusus pada materi teknik dasar Futsal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil keterampilan belajar pada Teknik dasar Futsal siswa Kelas IX APHP A SMKN 1 Surade Jawa Barat dengan menerapkan Model Pembelajaran Cooperatif Learning Type Jigsaw. Metode peneliltian ini adalah penelitian Tindakan kelas. populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas jurusan Agriteknologi Pengolahan Hasil Pertanian SMKN 1 Surade Jawa Barat yang berjumlah 139 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Sampling, Maka dari itu diambillah sampel siswa kelas XI APHP A SMKN 1 Surade Jawa Barat yang berjumlah 21 orang sebagai sampel penelitian. Instrument dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi setiap siklus, Pre dan Post Test dalam bentuk essay dan lembar kerja keterampilan. Analisa data dilakukan dengan menggunakan Teknik penelitian Tindakan kelas. Berdasarkan pembahasan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa setelah penerapan model pembelajaran cooperative learning type jigsaw, terjadi peningkatan keterampilan belajar siswa SMKN 1 Surade pada pelajaran PJOK materi Teknik dasar Futsal, hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata yang diperoleh siswa yang mengerti selama penelitian ini berlangsung. Didukung oleh peningkatan hasil keterampilan belajar dengan jumlah presentase dari 52,37% di Siklus I menjadi 90,47% pada Siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFirdaus, KamalUNSPECIFIED
CorrectorWahyuri, Asep SujanaUNSPECIFIED
CorrectorLawanis, HaripahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hasil Keterampilan Belajar Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Jigsaw Futsal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 28 Aug 2024 02:36
Last Modified: 28 Aug 2024 02:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53600

Actions (login required)

View Item View Item