Herlita, Dela
(2023)
Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas V SDN Gugus 1 Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik
pada pembelajaran tematik terpadu yang disebabkan oleh proses pembelajaran
yang kurang bermakna karena peserta didik hanya mendengarkan penjelasan guru
sehingga peserta didik kurang mendapat kesempatan menggali pengetahuan
sendiri. Untuk itu diperlukan model pembelajaran yang tepat agar hasil belajar
peserta didik dapat meningkat, salah satu model pembelajaran yang digunakan
adalah model Problem Based Learning. Model Problem Based Learning
merupakan suatu model pembelajaran yang memberi kesempatan kepada peserta
didik untuk mengembangkan kemampuan berpikirnya dan mengarahkan peserta
didik untuk mampu memecahkan masalah dalam pembelajaran. Tujuan penelitian
ini untuk melihat pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar
peserta didik.
Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment Design. Populasi pada
penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas V SDN Gugus I Kecamatan Talawi
Kota Sawahlunto. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Simple
Random Sampling. Desain Quasi Experiment yang digunakan adalah
Nonequivalent Control Group Design. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini
menggunakan statistik uji t yang didahului dengan uji prasyarat analisis
menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, dengan taraf signifikan 5%
(0,05)
Berdasarkan hasil posttest peserta didik pada tema 8 nilai rata-rata yang
diperoleh kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol
yaitu 82,56 (kelas eksperimen) dan 67,43 (kelas kontrol). Hasil analisis data dari
pengujian hipotesis menggunakan t-test diperoleh thitung = 4,9360 dan ttabel = 2,021
pada taraf siginifikan 5% (0,05). Dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak
karena thitung > ttabel , dimana 4,9360 > 2,021. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh model Problem Based Leraning terhadap hasil belajar peserta
didik.
Actions (login required)
|
View Item |