Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas V SDN Gugus 1 Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto

Herlita, Dela (2023) Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas V SDN Gugus 1 Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_Dela_Herlita_18129167_132_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu yang disebabkan oleh proses pembelajaran yang kurang bermakna karena peserta didik hanya mendengarkan penjelasan guru sehingga peserta didik kurang mendapat kesempatan menggali pengetahuan sendiri. Untuk itu diperlukan model pembelajaran yang tepat agar hasil belajar peserta didik dapat meningkat, salah satu model pembelajaran yang digunakan adalah model Problem Based Learning. Model Problem Based Learning merupakan suatu model pembelajaran yang memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan kemampuan berpikirnya dan mengarahkan peserta didik untuk mampu memecahkan masalah dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas V SDN Gugus I Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Desain Quasi Experiment yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan statistik uji t yang didahului dengan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, dengan taraf signifikan 5% (0,05) Berdasarkan hasil posttest peserta didik pada tema 8 nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 82,56 (kelas eksperimen) dan 67,43 (kelas kontrol). Hasil analisis data dari pengujian hipotesis menggunakan t-test diperoleh thitung = 4,9360 dan ttabel = 2,021 pada taraf siginifikan 5% (0,05). Dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak karena thitung > ttabel , dimana 4,9360 > 2,021. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Leraning terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMansurdin, MansurdinUNSPECIFIED
CorrectorAstimar, NellyUNSPECIFIED
CorrectorAlwi, Nur AzmiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 28 Aug 2024 02:26
Last Modified: 28 Aug 2024 02:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53598

Actions (login required)

View Item View Item