Hubungan Koordinasi Mata-Tangan Dan Kelentukan Dengan Kemampuan Teknik Passing Bawah Siswa Ekstrakurikuler Bolavoli SMP Negeri 26 Padang.

Adri, Adri (2024) Hubungan Koordinasi Mata-Tangan Dan Kelentukan Dengan Kemampuan Teknik Passing Bawah Siswa Ekstrakurikuler Bolavoli SMP Negeri 26 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_ADRI_19086290_2988.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah diduga kemampuan teknik passing bawah siswa ekstrakurikuler bolavoli belum begitu baik, banyak faktor yang menyebabkan kemampuan passing bawah diantaranya koordinasi mata-tangan dan kelentukan. Maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan koordinasi mata-tangan dan kelentukan dengan kemampuan passing bawah siswa ekstrakurikuler bolavoli SMP Negeri 26 Padang. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta ekstrakurikuler bolavoli berjumlah 38 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Dengan demikian jumlah sampel adalah 17 orang siswa puteri. Data dikumpulkan menggunakan pengukuran terhadap ketiga variable, koordinasi mata-tangan diukur dengan tes lempar tangkap bola tenis ke dinding sasaran, dan kelentukan menggunakan tes bridge-up. Kemampuan passing bawah menggunakan tes kemampuan passing bawah. Data dianalisis dengan korelasi product moment dan dilanjutkan dengan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Koordinasi mata-tangan (X1) mempunyai hubungan dengan kemampuan passing bawah siswa ekstrakurikuler bolavoli SMP Negeri 26 Padang (Y), diperoleh rhitung 0,500 > rtabel 0,482 (2) Kelentukan (X2) mempunyai hubungan dengan kemampuan passing bawah siswa ekstrakurikuler bolavoli SMP Negeri 26 Padang (Y) dengan diperoleh rhitung 0,529 > rtabel 0,482. 3) Terdapat hubungan yang berarti (signifikan) antara koordinasi mata-tangan dan kelentukan secara bersama-sama dengan kemampuan passing bawah siswa ekstrakurikuler bolavoli SMP Negeri 26 Padang, dengan diperoleh Rhitung = 0,554 > Rtabel 0,433.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAstuti, YuniUNSPECIFIED
CorrectorErianti, EriantiUNSPECIFIED
CorrectorAtradinal, AtradinalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Koordinasi Mata-Tangan Kelentukan Dan Passing Bawah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 28 Aug 2024 01:56
Last Modified: 28 Aug 2024 01:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53592

Actions (login required)

View Item View Item