Analisis Indikator HOTS dalam Buku Cetak Fisika Kelas X Semester II di SMA Negeri Se-Kota Padang

Miftahurrahmi, Miftahurrahmi (2022) Analisis Indikator HOTS dalam Buku Cetak Fisika Kelas X Semester II di SMA Negeri Se-Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_MIFTAHURRAHMI_18033154_4651_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pendidikan pada abad 21 menuntut berbagai keterampilan yang harus dikuasai seseorang salah satunya. keterampilan Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang menjadi tuntutan pada kurikulum 2013 revisi. Pembelajaran fisika telah menerapkan kemampuan HOTS karena menuntut peserta didik untuk menguasai konsep, prinsip hukum dan menggunakan metode ilmiah dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Oleh karena itu, dibutuhkan sumber belajar yang dapat menunjang pembelajaran dalam mengembangkan keterampilan HOTS salah satunya buku cetak. Ketersediaan indikator HOTS belum diketahui dalam buku cetak. Sehingga peneliti melakukan analisis ketersediaan indikator HOTS dalam buku cetak fisika SMA kelas X semester II yang bertujuan untuk mengetahui ketersediaan indikator HOTS dalam buku cetak fisika pada materi fisika SMA kelas X semester II. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Populasi data penelitian adalah seluruh buku cetak fisika SMA kelas X semester II yang digunakan di kota Padang. Pengambilan sampel menggunakan Teknik nonprobability sampling dengan jenis teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian adalah buku cetak yang banyak digunakan di SMA negeri se-Kota Padang didapatkan tiga buku cetak. Data penelitian diambil menggunakan instrumen analisis sajian buku cetak dengan teknik pengumpulan data studi dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan ketersedian HOTS dalam buku cetak sebesar 46,14% dengan kategori cukup memfasilitasi. Ketersediaan indikator HOTS paling tinggi terdapat pada materi dinamika partikel dengan persentase rata-rata 49,7% dengan kategori cukup memfasilitasi. Indikator HOTS yang sering muncul ialah keterampilan pemecahan masalah sebesar 53,6% termasuk kedalam kategori cukup memfasilitasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahim, Fanny RahmatinaUNSPECIFIED
CorrectorGusnedi, GusnediUNSPECIFIED
CorrectorSari, ilvia YuliaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Aug 2024 08:03
Last Modified: 27 Aug 2024 08:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53584

Actions (login required)

View Item View Item