Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV UPT SDN 50 Kuranji Kota Padang

Anggraeni, Aisyah (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV UPT SDN 50 Kuranji Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_Aisyah_Anggraeni_19129087_698_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan di lapangan yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik karena kurangnya aktivitas belajar yang melibatkan peserta didik dikarenakan proses pembelajaran masih berpusat kepada guru, sehingga peserta didik masih kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di kelas IV UPT SDN 50 Kuranji Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, dengan prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian yang diperoleh berkaitan dengan hasil pembelajaran model Problem Based Learning. Teknik pengumpulan data berupa analisis pengamatan atau observasi, tes dan non tes. Subjek penelitian ini adalah guru kelas sebagai pengamat atau observer, peneliti sebagai praktisi atau guru, dan peserta didik kelas IV UPT SDN 50 Kuranji Kota Padang yang berjumlah 27 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, modul ajar siklus I diperoleh rata-rata 85,4% (B), meningkat pada siklus II menjadi 95,8% (SB). Kedua, hasil pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I diperoleh rata-rata 82,14% (B), meningkat pada siklus II menjadi menjadi 96,42% (SB). Ketiga, hasil pelaksanaan pembelajaran aspek peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 82,14% (B), meningkat pada siklus II menjadi menjadi 96,42% (SB). Keempat, hasil belajar peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 76,82 (C), meningkat pada siklus II menjadi menjadi 89,33 (B). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas IV UPT SDN 50 Kuranji Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuhammadi, MuhammadiUNSPECIFIED
CorrectorZuardi, ZuardiUNSPECIFIED
CorrectorWaldi, AtriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 27 Aug 2024 06:16
Last Modified: 27 Aug 2024 06:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53575

Actions (login required)

View Item View Item