Anggraeni, Aisyah
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV UPT SDN 50 Kuranji Kota Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan di lapangan yaitu
rendahnya hasil belajar peserta didik karena kurangnya aktivitas belajar yang
melibatkan peserta didik dikarenakan proses pembelajaran masih berpusat kepada
guru, sehingga peserta didik masih kurang aktif dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan hasil
belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di kelas IV
UPT SDN 50 Kuranji Kota Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan
sebanyak dua siklus, dengan prosedur penelitian terdiri dari perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian yang diperoleh berkaitan
dengan hasil pembelajaran model Problem Based Learning. Teknik pengumpulan
data berupa analisis pengamatan atau observasi, tes dan non tes. Subjek penelitian
ini adalah guru kelas sebagai pengamat atau observer, peneliti sebagai praktisi atau
guru, dan peserta didik kelas IV UPT SDN 50 Kuranji Kota Padang yang berjumlah
27 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, modul ajar siklus I diperoleh
rata-rata 85,4% (B), meningkat pada siklus II menjadi 95,8% (SB). Kedua, hasil
pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I diperoleh rata-rata 82,14% (B),
meningkat pada siklus II menjadi menjadi 96,42% (SB). Ketiga, hasil pelaksanaan
pembelajaran aspek peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 82,14% (B),
meningkat pada siklus II menjadi menjadi 96,42% (SB). Keempat, hasil belajar
peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 76,82 (C), meningkat pada siklus II menjadi
menjadi 89,33 (B). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem
Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada
pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas IV UPT SDN
50 Kuranji Kota Padang.
Actions (login required)
|
View Item |