Octa, Masturina Farida
(2024)
Analisis Data Peminat Program Studi Non- Kependidikan pada Seleksi Bersama Masuk
Perguruan Tinggi Negeri dengan Pendekatan
Eksploratif.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Evaluasi kinerja prodi dapat dilakukan melalui keketatan peminat denganmenghitung rasio antara jumlah peminat dan daya tampung. Lembaga Pendidikan
Tenaga Kependidikan (LPTK) menjadi Universitas memperoleh mandat yang
lebih luas (wider mandate) untuk memiliki wewenang membuka program studi(prodi) non-kependidikan. Perlu dilihat kualitas prodi non-kependidikan denganmemperhatikan peluang peminat dari tahun ke tahun. Untuk itu, perlu dilakukansuatu studi untuk memahami perkembangan peminat prodi non-kependidikan di
PTN LPTK dengan menggunakan pendekatan eksploratif.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Data yang digunakan datasekunder yang bersumber dari website resmi SNPMB tahun 2023. Variabel yangdigunakan adalah daya tampung (X) dan jumlah peminat (Y) dengan objek
penelitian yaitu prodi non-kependidikan. Penelitian ini dimulai dengan melakukan
eksplorasi data jumlah peminat prodi non-kependidikan dan peminat berdasarkandaerah asal, dilanjutkan dengan visualisasi hubungan antara daya tampung denganjumlah peminat.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa UN Jakarta (UNJmerupakan universitas yang memiliki peminat tertinggi dengan prodi Ilmkomunikasi dan UN Manado merupakan universitas yang memiliki rentanpeminat lebih rendah dengan prodi Ilmu keolahragaan. Prodi Manajemen yancenderung mendominasi peminat yang banyak setiap PTN dibandingkan prodinon-kependidikan lainnya. Peminat prodi non-kependidikan berdasarkan daerah
asal yaitu mayoritas peminat paling banyak berasal dari provinsi dimanauniversitas tersebut berada. Hubungan antara jumlah peminat dengan daytampung prodi non-kependidikan menunjukkan bahwasanya jika daya tampungbesar tidak serta merta peminatnya juga banyak. Namun, juga terdapat dibeberapPTN yang memiliki daya tampung besar peminatnya sedikit.
Actions (login required)
|
View Item |