Zalma, Melda
(2023)
Resiliensi Siswa Korban Cyberbullying serta Implikasinya terhadap Layanan BK.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Cyberbullying memberikan dampak negatif bagi siswa yang menjadi
korban. remaja yang menjadi korban cyberbullying lebih berisiko mengalami
berbagai masalah kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Adapun masalah
yang lebih mungkin diderita siswa yang menjadi korban cyberbullying, antara lain
munculnya berbagai masalah mental seperti depresi, stress, dan anxiety. Individu
yang resilien mampu bangkit dari kondisi negatif serta mampu mencari solusi dari
permasalahan yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui resiliensi
siswa korban cyberbullying serta implikasinya terhadap layanan BK.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Sampel
diperoleh dengan membagikan kuesioner kepada 286 responden sehingga
diperoleh 47 siswa yang menjadi korban cyberbullying. Peneliti menggunakan
skala resiliensi untuk mengetahui tingkat resiliensi siswa korban cyberbullying.
Pengujian secara statistik menunjukan hasil bahwa siswa korban
cyberbullying memiliki resiliensi yang tinggi. Resiliensi perlu dimiliki oleh
korban cyberbullying. Di lingkungan sekolah, program layanan bimbingan dan
konseling harus dimaksimalkan. Dalam pencegahan dan penanggulangan
cyberbullying membutuhkan sinergi dan keseriusan semua pihak
Actions (login required)
|
View Item |