Pengaruh Teknik Mind Mapping Berbasis Etnosains pada Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 8 Linggo Sari Baganti

Huljannah, Miftha (2023) Pengaruh Teknik Mind Mapping Berbasis Etnosains pada Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 8 Linggo Sari Baganti. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_09_MIFTHA_HULJANNAH_18231125_656_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Proses pendidikan terarah pada peningkatan penguasan pengetahuan, keterampilan, pengembangan sikap dan nilai-nilai dalam rangka pembentukan dan pengembangan diri peserta didik. Permasalahan pendidikan yang dijumpai dilapangan yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik pada pelajaran IPA. Hal ini dipengaruhi oleh menurunnya minat belajar peserta didik di dalam kelas setelah pembelajaran online saat pandemi Covid-19 serta model pembelajaran yang digunakan di sekolah masih belum bervariasi. Oleh karena itu, guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang menarik untuk menciptakan pembelajaran yang efektif, inovatif, dan menyenangkan sehingga peserta didik semakin tertarik pada pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik mind mapping berbasis etnosains pada materi zat aditif dan zat adiktif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 8 Linggo Sari Baganti. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan desain non equivalen control group design. Kelas eksperimen menggunakan teknik pembelajaran mind mapping, sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen berbeda secara signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol. Penggunaan teknik mind mapping memberikan pengaruh yang baik terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik Hasil uji hipotesis berdasarkan data yang didapatkan pada penelitian data posttest yaitu H1 diterima dan H0 ditolak, dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan rata-rata peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Terdapat pengaruh teknik mind mapping berbasis etnosains pada materi zat aditif dan zat adiktif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 8 Linggo Sari Baganti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDiliarosta, SkundaUNSPECIFIED
CorrectorZahra, Firda AzUNSPECIFIED
CorrectorLestari, TutiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ETNOSAINS, MIND MAPPING, MATERI ZAT ADITIF DAN ZAT ADIKTIF, QUASI EXPERIME
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Aug 2024 03:45
Last Modified: 27 Aug 2024 03:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53554

Actions (login required)

View Item View Item