Nurhasanah, Nurhasanah
(2023)
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Pembelajaran IPS di SMP N 40 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Berdasarkan masalah yang ditemukan di SMP Negeri 40 Padang, pada kelas
VIII mata pelajaran IPS menunjukan bahwa sebagian besar siswa belum mencapai
batas Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Penggunaan strategi pembelajaran
oleh guru kurang tepat, Proses belajar mengajar masih terpusat pada guru
sehingga kurang melibatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran di kelas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar siswa kelas
VIII di SMP Negeri 40 Padang.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif bentuk quasy experiment.
Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMP
Negeri 40 Padang tahun ajaran 2022/2023. Sampel diambil menggunakan teknik
purposive sampling, dimana siswa kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen dan kelas
VIII3 sebagai kelas kontrol, masing-masing kelas berjumlah 30 orang siswa.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dalam bentuk pilihan
ganda (objektif), tes akhir berjumlah 40 butir soal objektif. Jenis data penelitian
berupa data hasil belajar siswa dan sumber data adalah nilai siswa. data yang
diperoleh dianalisis menggunakan Uji T.
Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kelas eksperimen yang
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing berpengaruh
secara signifikan terhadap hasil belajar yaitu 76,5 lebih tinggi dibandingkan dari
nilai rata-rata kelas kontrol 71,166. Berdasarkan perhitungan uji t diperoleh thitung
2,132 sedangkan ttabel pada α 0,05 adalah 1,671. Jika dibandingkan thitung = 2,132
˃ ttabel = 1,671. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
snowball throwing berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa
kelas VIII di SMP Negeri 40 Padang Tahun Pelajaran 2022/2023.
Actions (login required)
|
View Item |