Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Pembelajaran IPS di SMP N 40 Padang

Nurhasanah, Nurhasanah (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Pembelajaran IPS di SMP N 40 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_Nurhasanah_18004030_760_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan masalah yang ditemukan di SMP Negeri 40 Padang, pada kelas VIII mata pelajaran IPS menunjukan bahwa sebagian besar siswa belum mencapai batas Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Penggunaan strategi pembelajaran oleh guru kurang tepat, Proses belajar mengajar masih terpusat pada guru sehingga kurang melibatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 40 Padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif bentuk quasy experiment. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 40 Padang tahun ajaran 2022/2023. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, dimana siswa kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII3 sebagai kelas kontrol, masing-masing kelas berjumlah 30 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dalam bentuk pilihan ganda (objektif), tes akhir berjumlah 40 butir soal objektif. Jenis data penelitian berupa data hasil belajar siswa dan sumber data adalah nilai siswa. data yang diperoleh dianalisis menggunakan Uji T. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar yaitu 76,5 lebih tinggi dibandingkan dari nilai rata-rata kelas kontrol 71,166. Berdasarkan perhitungan uji t diperoleh thitung 2,132 sedangkan ttabel pada α 0,05 adalah 1,671. Jika dibandingkan thitung = 2,132 ˃ ttabel = 1,671. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 40 Padang Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuliarni, ZuliarniUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, AbnaUNSPECIFIED
CorrectorRahmi, UlfiaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:09
Last Modified: 26 Aug 2024 07:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53534

Actions (login required)

View Item View Item