Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Socio Scientific Issues (SSI) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Ekosistem

Febril, Atiqah Nabila (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Socio Scientific Issues (SSI) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Ekosistem. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_ATIQAH_NABILA_FEBRIL_20031056_4382_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting dimiliki oleh peserta didik untuk menghadapi abad ke-21. Kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X.E di SMA Negeri 2 Sijunjung masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan guru belum menerapkan prinsip student center secara optimal karena sulit melakukan variasi model pembelajaran di kelas dan peserta didik juga tidak terbiasa dengan model pembelajaran yang beragam. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Socio Scientific Issues. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Socio Scientific Issues (SSI) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi ekosistem. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan Randomized Control Group Pretest Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X.E di SMA N 2 Sijunjung. Sampel penelitian yaitu kelas X.E1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.E4 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar soal berupa soal essay sebanyak 6 butir yang telah divalidasi dengan nilai validitas 0,77 dan termasuk dalam kategori sangat tinggi. Analisis data menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, dengan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen 75,5 dan kelas kontrol 57,5. Hasil analisis data menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Socio Scientific Issues berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlberida, HeffiUNSPECIFIED
CorrectorArsih, FitriUNSPECIFIED
CorrectorRahmatika, HelsaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:08
Last Modified: 26 Aug 2024 07:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53530

Actions (login required)

View Item View Item