Febril, Atiqah Nabila
(2024)
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based
Learning Berbasis Socio Scientific Issues (SSI)
Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta
Didik pada Materi Ekosistem.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang sangat
penting dimiliki oleh peserta didik untuk menghadapi abad ke-21. Kemampuan
berpikir kritis peserta didik kelas X.E di SMA Negeri 2 Sijunjung masih tergolong
rendah. Hal ini disebabkan guru belum menerapkan prinsip student center secara
optimal karena sulit melakukan variasi model pembelajaran di kelas dan peserta
didik juga tidak terbiasa dengan model pembelajaran yang beragam. Upaya yang
dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik
yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis
Socio Scientific Issues. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Socio Scientific Issues
(SSI) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi ekosistem.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan
rancangan Randomized Control Group Pretest Posttest Design. Populasi pada
penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X.E di SMA N 2 Sijunjung.
Sampel penelitian yaitu kelas X.E1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.E4
sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive
sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar soal
berupa soal essay sebanyak 6 butir yang telah divalidasi dengan nilai validitas
0,77 dan termasuk dalam kategori sangat tinggi. Analisis data menggunakan uji
paired sample t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta
didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol,
dengan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen 75,5 dan kelas
kontrol 57,5. Hasil analisis data menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Oleh
karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem
Based Learning berbasis Socio Scientific Issues berpengaruh positif terhadap
kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi ekosistem.
Actions (login required)
|
View Item |