Rahmani, Shauma Sani
(2024)
Pengaruh Media Pop-up Book terhadap Keterampilan Proses Sains Anak di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 1 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Salah satu aspek yang dikembangkan pada anak usiadini adalah aspek kognitif yang berkaitan erat dengen pengembangan keterampilan proses sains anak. Pembelajaran sains harus diberikan pada saat pendidikan anak usiadini. Untuk menunjang guru harus menyiapkan media pembelajaran yang tepat. Namun penggunaan media ditaman kanak-kanak masih kurang kreatif masih bersifat pasif dan membosankan. Maka peneliti bertujuan untuk menerapkan media pop-up book sebagai upaya mengetahui apakah terdapat pengaruh terhadap keterampilan proses sains
anak. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan nonequivalent control group dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan sampel penelitian B1 kelas eksperimen B3 kelas kontrol, dengan jumlah masing-masing
sampel per kelas adalah 10 orang. Penelitian ini dilakukan selama 10 hari (satu hari pre-test, tiga hari treatment, satu hari post-test). Prosedur analisis data diawali dengan pengujian validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Berdasarkan data yang diperoleh didapatkan nilai rata-rata pada kelas eksperimen 19,70 dan rata-rata pada kelas kontrol 18,40. Dilanjutkan dengan pengujian data normalitas dikedua kelas yang menunjukkan perolehan data signifikansi pada kelas eksperimen 0,155 dan pada kelas kontrol signifikansinya 0,133 yang mana data menunjukan > 0,05 yang berarti data berdistribusi normal. Yang kedua adalah uji homogenitas post- test dan hasilnya data pada post-test eksperimen dan kontrol bersifat homogen nilai signifikansinya adalah 0,703 > 0,05. Dan yang terakhir dilakukan adalah uji t pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memperoleh sig.(2-tailed) adalah sebesar 0,01 yang menunjukkan data 0,01 < 0,05, sehingga dinyatakan bernilai signifikansi (terdapat perbedaan) antara data post-test kelas eksperimen dan post-test kelas kontrol. Jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap keterampilan proses sains anak.
Actions (login required)
|
View Item |