Aktivitas Antioksidan, Antiinflamasi, dan Antikanker Ekstrak Daun, Batang, dan Bunga Sonneratia alba yang Berasal dari Berau Kalimantan Timur

Rahmawati, Atika Ayu (2024) Aktivitas Antioksidan, Antiinflamasi, dan Antikanker Ekstrak Daun, Batang, dan Bunga Sonneratia alba yang Berasal dari Berau Kalimantan Timur. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_Atika_Ayu_Rahmawati_20032052_4203_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Sonneratia alba, salah satu jenis mangrove, banyak digunakan sebagai tumbuhan obat tradisional. Aktivitas farmakologis S. alba sebagai tumbuhan obat disesuaikan dengan kandungan senyawa bioaktif yang dimiliki. Kandungan senyawa aktif suatu tumbuhan juga dipengaruhi oleh factor lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan fitokimia ekstrak metanol serta aktivitas biologis (antioksidan, antiinflamasi, dan antikanker) S. alba yang berasal dari Berau Kalimantan Timur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Analisis fitokimia ekstrak S. alba menggunakan metode maserasi dengan pelarut metanol. Bagian S. alba yang diekstrak adalah daun, batang, dan bunga. Uji fitokimia menggunakan metode TFC dan TPC. Uji aktivitas antioksidan menggunakan metode ABTS, DPPH, FRAP, dan NO Radical Scavenging. Uji antiinflamasi menggunakan metode MTT assay dan NO Production. Dan uji antikanker menggunakan metode MTT assay. Hasil penelitian menunjukkan persentase rendemen tertinggi terdapat pada ekstrak metanol bunga S. alba (17,54%). Kandungan fitokimia tertinggi terdapat pada ekstrak batang S. alba baik untuk flavonoid dan fenolik (15,9 GAE/g dw ekstrak dan 7,6 mg QE/g dw ekstrak). Aktivitas antioksidan ekstrak metanol bunga menunjukkan hasil terbaik untuk uji ABTS (3,96 mg/mL), FRAP (17,23 g QE/g ekstrak), NO Radical Scavenging (25,1 %), kecuali DPPH (tertinggi pada ekstrak metanol batang = 3,96 mg/mL). Aktivitas antiinflamasi terbaik terdapat pada ekstrak metanol daun (nilai NO = 5,703 µM). Ekstrak metanol bunga S. alba aktif sebagai antikanker terhadap sel Melanoma B16 (rata-rata persentase viabilitas ≤100%) dan tidak toksik terhadap sel Hek293 (rata-rata persentase viabilitas ± 116%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutri, Dwi HildaUNSPECIFIED
Thesis advisorRahmawati, Siti IrmaUNSPECIFIED
CorrectorViolita, ViolitaUNSPECIFIED
CorrectorFarma, Siska AliciaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:02
Last Modified: 26 Aug 2024 07:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53505

Actions (login required)

View Item View Item