Dowi, Monica Fortuna
(2024)
Analisis Kegiatan P5 dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Pantai Cermin.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Melakukan kegiatan P5 dapat membangun rasa percaya diri peserta didik terhadap pekerjaannya untuk suatu karya dan menunjukkan minat peserta didik pada bidang tertentu. Hasil wawancara dengan beberapa orang peserta didik SMA Negeri 1 Pantai Cermin diketahui bahwa mereka cenderung menyukai kegiatan P5 dikarenakan pada kegiatan ini peserta didik memiliki peluang untuk mempelajari hal baru. Namun, pada pelaksanaannya guru yang seharusnya melakukan pengawasan dan pembimbingan seharian penuh di hari projek tidak terlaksana dengan baik karena pastinya ada rasa bosan saat seharian harus mengawasi peserta didik. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persiapan dan pelaksanaan dari kegiatan P5 sehingga menunjukkan dampak yang diperoleh oleh guru dan peserta didik SMA Negeri 1 Pantai Cermin.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode kuantitatif deskriptif untuk mendeskripsikan keadaan yang sebenarnya dari populasi penelitian berdasarkan sampel yang diambil dan data yang diperoleh dalam bentuk angka. Sampel penelitian ini adalah fasilitator P5 fase E sebanyak 21 orang guru dan siswa fase E sebanyak 54 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket tertutup yang terdiri atas 35 butir pernyataan yang sebelumnya sudah dilakukan validasi kepada ahli (judgment experts). Data yang diperoleh dilapangan diolah menggunakan rumus persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang dilakukan oleh SMA Negeri 1 Pantai Cermin dari segi persiapan yang dilakukan oleh guru berada pada kategori sangat baik dengan persentase 81.16% dan peserta didik dengan persentase 81.89%, sedangkan pelaksanaan yang dilakukan guru berada pada kategori baik dengan persentase 78.35% dan peserta didik dengan persentase 81.65%. Hal ini mengartikan bahwa kegiatan P5 memberikan pengaruh sangat baik terhadap guru dengan persentase 82.54% dan peserta didik 83.15%.
Actions (login required)
|
View Item |