Strategi Peningkatan Kunjungan Pemustaka Menggunakan IFE (Internal Factor Evaluation) di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang

Juliana, Tia (2022) Strategi Peningkatan Kunjungan Pemustaka Menggunakan IFE (Internal Factor Evaluation) di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_08_TIA_JULIANA_18234035_1047.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Analisis IFE (Internal Factor Evaluation) di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang, (2) Strategi IFE (Internal Factor Evaluation) dalam Meningkatkan Kunjungan Pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dengan Kepala Bidang Perpustakaan, Kepala Seksi Promosi dan Layanan, Kepala Seksi Pengolahan dan Pelestarian Bahan Pustaka dan dua orang Pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang. Teknik pengabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang memiliki beberapa kekuatan dan kelemahan yang telah dilihat berdasarkan analisis internal perpustakaan yang terdiri dari aspek koleksi, sarana dan prasarana, layanan, tenaga perpustakaan dan promosi perpustakaan. Kekuatan perpustakaan yaitu koleksi sudah memadai secara jumlah eksemplar; melakukan peminjaman koleksi ke mitra yang bekerjasama dengan perpustakaan keliling; lokasi perpustakaan strategis; menerapkan layanan sabtu/minggu; memiliki tenaga perpustakaan yang berkompeten; dan memiliki media sosial untuk kegiatan promosi. Kelemahan yaitu koleksi tidak mutakhir/terbaru; tidak ada perawatan terhadap koleksi yang sudah rusak; kurangnya penataan ruangan; sarana yang tidak lengkap; belum ada penggunaan OPAC; layanan belum terotomasi; jumlah tenaga pustakawan masih kurang; dan promosi perpustakaan belum maksimal. Kedua, berdasarkan hasil analisis IFE, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang dapat melakukan beberapa strategi sehingga dapat meningkatkan kunjungan pemustaka yaitu melakukan promosi rutin di lingkungan perpustakaan pada layanan sabtu/minggu; memaksimalkan penggunaan sosial media untuk promosi perpustakaan; melakukan penataan ruangan seefektif mungkin; meningkatkan kualitas layanan perpustakaan keliling; dan memanfaatkan OPAC perpustakaan untuk di akses oleh pengguna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPrimadesi, YonaUNSPECIFIED
CorrectorNelisa, MaltaUNSPECIFIED
CorrectorAnggraini, DewiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kunjungan Pemustaka
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:01
Last Modified: 26 Aug 2024 07:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53500

Actions (login required)

View Item View Item