Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Payakumbuh

Fauziah M, Laila (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_LAILA_FAUZIAH_M_18029010_262_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Payakumbuh Oleh: Laila Fauziah M Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang harus dimiliki oleh peserta didik. Namun, kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Payakumbuh masih rendah. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut yaitu menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW). Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan apakah pemahaman konsep matematis dan aktivitas belajar peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran TTW lebih baik daripada belajar dengan pembelajaran langsung di kelas VIII SMP Negeri 2 Payakumbuh. Jenis penelitian adalah deskriptif dan kuasi eksperimen dengan rancangan nonequivalent posttest-only control group design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Payakumbuh tahun pelajaran 2022/2023. Pemilihan sampel dilakukan dengan Random Sampling, kelas VIII.9 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.8 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep yang dianalisis dengan uji t serta lembar observasi aktivitas belajar menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis, aktivitas belajar peserta didik selama diterapkan model kooperatif tipe TTW mengalami peningkatan pada tahap think dan berfluktuasi pada tahap talk dan write. Hasil uji hipotesis tes pemahaman konsep matematis dengan taraf nyata α=0,05 diperoleh P-value=0,000 dimana P-value<α sehingga H_0 ditolak. Artinya, pemahaman konsep matematis dan aktivitas belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih baik daripada peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran langsung. Kata Kunci: Think Talk Write, Pemahaman Konsep Matematis, Aktivitas Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuryani, OktaUNSPECIFIED
CorrectorAndromeda, AndromedaUNSPECIFIED
CorrectorYusmaita, EkaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: THINK TALK WRITE, PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS, AKTIVITAS BELAJAR
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:00
Last Modified: 26 Aug 2024 07:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53495

Actions (login required)

View Item View Item