Pengaruh Kepemimpinan Kepala dan Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru SD Negeri Kecamatan Pamenang, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi

Lestrai, Rika Ayu (2023) Pengaruh Kepemimpinan Kepala dan Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru SD Negeri Kecamatan Pamenang, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_Rika_Ayu_Lestari_18147013_442_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Fenomena dilapangan memperlihatkan Kinerja guru SD Negeri Kecamatan Pamenang, kabupaten Merangin belum berjalan secara maksimal. Peneliti menduga bahwa kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru SD Negeri Kecamatan Pamenang, Kabupaten Merangin. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian untuk menguji kebenarannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Kepemimpinan Kepala sekolah Berpengaruh terhadap Kinerja Guru (2) Iklim Sekolah berpengaruh terhadap Kinerja Guru dan (3) Kepemimpinan berpengaruh terhadap Kinerja Guru Melalui Iklim Sekolah SD Negeri Kecamatan Pamenang, kabupaten Merangin. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kausatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 180 Guru SD Negeri Kecamatan Pamenang, Kabupaten Meranngin. Teknik pengambilan Sampel menggunakan stratified proportional random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 77 Guru. instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert, Teknik analisis data Anlysis Path Hasil penelitian menggambarkan bahwa (1) Kepemimpinan Kepala Sekolah berpengaruh secara langsung terhadap kinerja guru sebesar 0.371 (2) Iklim Sekolah berpengaruh secara langsung terhadap kinerja guru sebesar 0.373 (3) Kepemimpinan Kepala sekolah berpengaruh terhadap Kinerja guru melalui Iklim sekolah secara sebesar 0.149. Hal ini menjelasakn bahwa untuk meningkatkan kinerja guru dengan baik dan ideal sebaiknya perlu ditingkatkan dahulu kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah sehingga terciptanya kinerja guru yang baik dalam melaksanakan pekerjaan yang akan dicapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGistituati, NurhafizahUNSPECIFIED
CorrectorJasrial, JasrialUNSPECIFIED
CorrectorSyahril, SyahrilUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 22 Aug 2024 09:09
Last Modified: 22 Aug 2024 09:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53490

Actions (login required)

View Item View Item