Hubungan Kekuatan Otot Lengan dan Kelentukan dengan Kemampuan Meroda pada Mahasiswa Senam Semester Juli-Desember 2023 PO FIK UNP.

Hawa, Siti (2024) Hubungan Kekuatan Otot Lengan dan Kelentukan dengan Kemampuan Meroda pada Mahasiswa Senam Semester Juli-Desember 2023 PO FIK UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_SITI_HAWA_20086285_4065_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah diduga kemampuan meroda pada mahasiswa yang belum begitu baik, beberapa faktor yang menyebabkan kemampuan meroda, diantaranya kekuatan otot lengan dan kelentukan. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kekuatan otot lengan dan kelentukan dengan kemampuan meroda pada mahasiswa senam semester Juli-Desember PO FIK UNP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa senam semester Juli-Desember 2023 PO FIK UNP dengan jumlah keseluruhan 120 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Maka jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 36 mahasiswa. Data dikumpulkan menggunakan pengukuran terhadap ketiga variabel, kekutan otot lengan menggunakan tes push up, kelentukan menggunakan sit and reach test dan tes kemampuan meroda dengan tahapan dari sikap awal sampai sikap akhir Gerakan. Data dianalisis dnegan korelasi product moment dan dilanjutkan dengan korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kekuatan otot lengan (X1) mempunyai hubungan dengan kemampuan meroda (Y), diperoleh thitung 3,26 > ttabel 2,03. 2) Kelentukan (X2) mempunyai hubungan dengan kemampuan meroda (Y), diperoleh thitung 5,43 > ttabel 2,034. 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara Kekuatan Otot Lengan (X1) dan Kelentukan (X2) secara bersama-sama dengan kemampuan meroda (Y), dengan diperoleh fhitung 14,56> ftabel 3,28.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZulbahri, ZulbahriUNSPECIFIED
CorrectorHandayani, Sri GusriUNSPECIFIED
CorrectorApriyano, BertoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KEKUATAN OTOT LENGAN, KELENTUKAN, KEMAMPUAN MERODA
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 22 Aug 2024 08:20
Last Modified: 22 Aug 2024 08:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53488

Actions (login required)

View Item View Item