Yofinda, Vanesa
(2024)
Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SMP Negeri
13 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut, Pertama, mendeskripsikan
pelaksanaan gerakan literasi sekolah yang meliputi tahap pembiasaan, tahap
pengembangan, dan tahap pembelajaran. Kedua, mendeskripsikan faktor-faktor
apa yang menjadi kendala pengimplementasi pelaksanaan gerakan literasi sekolah
di SMP Negeri 13 Padang. Ketiga, mendeskripsikan cara sekolah mengatasi
kendala-kendala pelaksanaan gerakan literasi sekolah di SMP Negeri 13 Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian mixed methode (metode penelitian
campuran). Di dalam penelitian ini menyertakan data kualitatif dan data kuntitatif.
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 13 Padang. Data dalam penelitian ini
adalah hasil pengumpulan data tentang pemahaman dan pelaksanaan gerakan
literasi sekolah yang dilakukan siswa dan guru di SMP Negeri 13 Padang yang
diperoleh dari sumber data. Teknik yang digunakan yaitu observasi, wawancara,
angket, dan studi dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data
yaitu analisis data kualitatif, analisis data kuantitatif, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan disimpulkan beberapa hal.
Pertama, secara keseluruhan pelaksanaan gerakan literasi sekolah di SMP Negeri
13 Padang, yaitu : (1) tahap pembiasaan, sekolah menyediakan sarana fisik berupa
perpustakaan yang menyediakan berbagai jenis buku yang bisa dibaca, melakukan
kegiatan membaca selama 15 menit dan memberikan buku 1821 (agenda
penguatan karakter siswa), (2) tahap pengembangan, berupa kunjungan ke
perpustakaan, (3) tahap pembelajaran, tergambar dari kegiatan pembelajaran yang
dilakukan guru di dalam kelas. Kedua, secara keseluruhan pelaksanaan gerakan
literasi sekolah di SMP Negeri 13 Padang, yaitu (1) tahap pembiasaan sebesar
73% dengan kategori baik, (2) tahap pengembangan sebesar 68% dengan kategori
baik, (3) tahap pembelajaran sebesar 78% dengan kategori baik Ketiga,
pelaksanaan gerakan literasi sekolah di SMP Negeri 13 Padang sudah terlaksana
dengan baik. Hal ini dibuktikan dari hasil angket penelitian tentang implementasi
gerakan literasi sekolah di SMP Negeri 13 Padang sebesar 73% dengan kategori
baik. Keempat, kendala implementasi gerakan literasi sekolah di SMP Negeri 13
Padang yaitu kurangnya minat siswa yang masih rendah mengenai kegiatan
membaca dan penyediaan sarana dan prasarana yang belum memadai. Kelima,
upaya mengatasi kendala implementasi gerakan literasi sekolah di SMP Negeri 13
Padang yaitu sekolah menyediakan persiapan fisik berupa perpustakaan yang
menyediakan berbagai jenis buku bacaan, dan memberikan siswa buku 1821
sebagai tagihan kegiatan literasi di akhir semester.
Actions (login required)
|
View Item |