Ekranisasi Memoar Imperfect Karya Meira Anastasia dan Film Imperfect: Karir, Cinta dan Timbangan Karya Sutradara Ernest Prakasa

Riani, Riska (2024) Ekranisasi Memoar Imperfect Karya Meira Anastasia dan Film Imperfect: Karir, Cinta dan Timbangan Karya Sutradara Ernest Prakasa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_RISKA_RIANI_20017069_4892_2024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek pengurangan, penambahan dan perubahan variasi yang terjadi pada unsur alur, latar dan penokohan. Objek penelitian ini adalah Memoar Imperfect karya Meira Anastasia yang terbit pada tahun 2018 dan film Imperfect: Karir, Cinta dan Timbangan karya sutradara Ernest Prakasa tahun 2019. Penelitian ini adalah penelitian sastra menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini seluruh isi teks memoar dan film. Inst rumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data adalah membaca memoir dan menonton film secara berulang kemudian diinventarisasikan ke dalam format inventarisasi data dan mengelompokkan data yang berkaitan dengan proses ekranisasi memoir ke dalam film. Hasil penelitian ini yaitu: (1) aspek pengurangan terdapat 16 pengurangan pada unsur akur, 1 pengurangan pada unsur latar dan 7 pengurangan pada unsur penokohan memoir, (2) aspek penambahan terdapat 66 penambahan pada unsur alur, 7 penambahan pada unsur latar dan 25 penambahan pada unsur penokohan film, (3) aspek perubahan variasi terdapat 12 perubahan pada unsur alur, 3 perubahan pada unsur latar dan 6 perubahan pada unsur penokohan memoar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHasanuddin, WSUNSPECIFIED
CorrectorNasution, Muhammad IsmailUNSPECIFIED
CorrectorPangesti, Nesa RiskaUNSPECIFIED
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 Aug 2024 05:59
Last Modified: 22 Aug 2024 05:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53480

Actions (login required)

View Item View Item