Chania, Sylvia Atifah
(2024)
Hubungan Minat dan Lingkungan Keluarga Terhadap Persepsi Karir Sebagai Guru Pada Mahasiswa Departemen Teknik Elektronika Universitas Negeri
Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan
antara Minat dan Lingkungan Keluarga terhadap Persepsi Karir Sebagai Guru
Pada Mahasiswa Departemen Teknik Elektronika terutama pada program studi
Pendidikan Teknik Informatika dan Pendidikan Teknik Elektronika di Universitas
Negeri Padang.
Populasi dalam penelitian ini adalah 132 mahasiswa program studi
Pendidikan Teknik Informatika dan Pendidikan Teknik Elektronika di Universitas
Negeri Padang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability
sampling dengan stratified random sampling sehingga sampel yang digunakan
sebanyak 100 mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian terdapat hubungan yang
positif dan signifikan antara minat menjadi guru terhadap persepsi karir sebagai
guru, dan terdapat hubungan positif dan signifikan antara lingkungan keluarga
terhadap persepsi karir sebagai guru. Secara simultan variabel minat menjadi guru
dan lingkungan keluarga memiliki pengaruh terhadap persepsi karir sebagai guru.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan besarnya hubungan variabel
minat menjadi guru dan lingkungan keluarga terhadap persepsi karir sebagai guru
pada mahasiswa Departemen Teknik Elektronika adalah 93,1% . Hasil analisis
korelasi berganda terdapat korelasi antara minat dengan persepsi karir adalah
Rhitung (0,957) > Rtabel (0,195) dan lingkungan keluarga dengan persepsi karir
adalah Rhitung (0,964) > Rtabel (0,195)
Actions (login required)
|
View Item |