Vernando, Willy Hardi
(2024)
Pengaruh Variasi Leading Edge Terhadap Karakteristik Aerodinamika Bodi Kereta Derek.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Aerodinamika merupakan salah satu ilmu yang mempelajari aliran fluida
yang bergerak pada suatu benda. Adapun gaya drag merupakan gaya yang
ditimbulkan oleh gerakan suatu benda dengan arah yang berlawanan terhadap gerak
relatif benda padat dengan fluida. Bentuk bodi kereta yang aerodinamis dapat
mempengaruh terhadap pengurangan pemakaian bahan bakar dan meminimalisir
gaya hambat yang menghambat laju kereta, bodi kereta dapat dikatakan
aerodinamis apabila gaya hambat (koefisien drag) yang dihasilkan bernilai rendah.
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui nilai koefisien drag pada model
kereta derek standar dan kereta derek yang dimodifkasi pada kemiringan sudut
leading edge, dan melihat karakteristik aliran udara berdasarkan velocity contour,
velocity streamline, dan pressure contour pada model kereta derek standar dan
modifikasi pada leading edge. Metode penelitian yang digunakan yaitu simulasi
Computational Fluid Dynamics (CFD) dengan menggunakan Software Solidwork
Research License 2021. Pada simulasi CFD, koefisien drag (Cd) pada kereta derek
standar yaitu 1.2, pada kemiringan sudut leading edge 41.4° yaitu 0.454, pada
kemiringan sudut leading edge 47.4° yaitu 0.436, dan pada kemiringan sudut
leading edge 53.4° yaitu 0.426. Dimana penurunan nilai koefisien drag (Cd) yang
paling optimal dihasilkan pada kemiringan sudut leading edge 53.4°. Karena
merupakan nilai koefisien drag (Cd) yang paling kecil dibandingkan dengan model
kereta derek lainnya. Berdasarkan data yang didapatkan penerapan variasi
kemiringan sudut leading edge yang diterapkan ini mempengaruhi terhadap
koefisien drag (Cd) yang dihasilkan. Dengan berkurangnya nilai koefisien drag
(Cd) dapat mengurangi gaya hambat yang terjadi pada kereta derek, sehingga model
kereta derek yang divariasikan ini lebih aerodinamis dan penggunaan bahan bakar
lebih efisien
Actions (login required)
|
View Item |