Hubungan Daya Ledak Otot Tungkai, Kekuatan Otot Lengan dan Kelentukan Terhadap Kemampuan Akurasi Smash Atlet Bolavoli Klub Rajawali Muda Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo

Juliana, Era (2024) Hubungan Daya Ledak Otot Tungkai, Kekuatan Otot Lengan dan Kelentukan Terhadap Kemampuan Akurasi Smash Atlet Bolavoli Klub Rajawali Muda Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
B1_1_ERA_ JULIANA_18086111_4588_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya akurasi smash yang menyebabkan minimnya prestasi atlet bolavoli klub Rajawali Muda Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara daya ledak otot tungkai, kekuatan otot lengan dan kelentukan dengan kemampuan akurasi smash atlet bolavoli klub Rajawali Muda Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di lapangan bolavoli Klub Rajawali Muda Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo pada bulan Januari 2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh atlet Bolavoli klub Rajawali Muda Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo yang Berjumlah 25 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, maka jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 25 orang atlet. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) vertical jump test, 2) push up test, 3) Bridge up test, dan tes kemampuan akurasi smash. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi sederhana atau product moment yang dilanjutkan dengan analisis korelasi berganda. Hasil penelitian ini adalah 1) Terdapat hubungan yang signifikan antara daya ledak otot tungkai memberikan dengan kemampuan akurasi smash atlet bolavoli klub Rajawali Muda Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo, 2) Terdapat hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan dengan kemampuan akurasi smash atlet bolavoli klub Rajawali Muda Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo, 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kelentukan dengan kemampuan akurasi smash atlet bolavoli klub Rajawali Muda Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo, 4) Terdapat hubungan yang signifikan antara daya ledak otot tungkai, kekuatan otot lengan dan kelentukan secara bersama-sama dengan kemampuan akurasi smash atlet bolavoli klub Rajawali Muda Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyamsuar, SyamsuarUNSPECIFIED
CorrectorSepriadi, SepriadiUNSPECIFIED
CorrectorLawanis, HaripahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KEKUATANOTOTLENGAN, SMASH, BOLAVOLI
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 21 Aug 2024 08:19
Last Modified: 21 Aug 2024 08:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53461

Actions (login required)

View Item View Item