Ubaidah, Ubaidah
(2024)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada
Pembelajaran IPAS Menggunakan Model Disocvery
Learning di Kelas IV SDN 026 Huraba Kabupaten
Mandailing Natal.
Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya masalah dalam pelaksanaan
pembelajaran yang menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas IV
SD Negeri 026 Huraba Kabupaten Mandailing Natal. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam
Pembelajaran IPAS menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV SDN 026
Huraba Kabupaten Mandailing Natal.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif
dengan jenis penelitiannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini
dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi empat tahap prosedur penelitian, yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dalam penelitian ini
terdiri dari dua yaitu : data kualitatif dan data kuantitatif, sementara sumber data
dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran IPAS menggunakan model
Discovery Learning.
Hasil Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada beberapa aspek,
diantaranya: Penilaian Modul Ajar siklus I 81,25% (Baik), dan meningkat pada
siklus II menjadi 91,67% (Sangat Baik). Penilaian aspek guru siklus I adalah 81,24
% dengan kualifikasi B (Baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 93,75%
dengan kualifikasi A (Sangat Baik). Sedangkan penilaian aspek peserta didik pada
siklus I adalah 81,25% dengan kualifikasi B (Baik) dan meningkat pada siklus II
menjadi 90,62% dengan kualifikasi A (Sangat Baik). Hasil belajar peserta didik
pada siklus I adalah 75,51 B (Baik) dan meningkat pada siklus II yaitu yang
diperoleh nilai rata-rata 83,62 B (Baik). Maka dapat disimpulkan bahwa model
Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada
pembelajaran IPAS di kelas IV SDN 026 Huraba Kabupaten Mandailing Natal
Actions (login required)
|
View Item |