Peralihan Jogi dalam Joget Dangkong ke Tari Jogi sebagai Pertunjukan di Sanggar Warisan Pantai Basri Kota Batam Kepulauan Riau

Sutiawan, Meisya Wima (2024) Peralihan Jogi dalam Joget Dangkong ke Tari Jogi sebagai Pertunjukan di Sanggar Warisan Pantai Basri Kota Batam Kepulauan Riau. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_MEISYA_WIMA_SUTIAWAN_20332032_4893_2024.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menganalisis peralihan Jogi dalam Joget Dangkong ke Tari Jogi sebagai pertunjukan di Kota Batam Kepulauan Riau. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Lokasi penelitian di Sanggar Warisan Pantai Basri Kota Batam. Instrumen penelitian peneliti sendiri dan dibantu dengan alat pendukung berupa pulpen dan kamera. Data primer dan data sekunder digunakan dalam bahan penelitian. Teknik pengumpulan data meliputi studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengemukakan bahwa Peralihan Jogi dalam Joget Dangkong ke Tari Jogi berawal dari kejenuhan masyarakat pada pertunjukan Jogi yang merupakan bagian tak terpisahkan dari Joget Dangkong yang awalnya hanya berupa hiburan semata. Kejenuhan ini merupakan perubahan sosial sesuai dengan perkembangan Kota Batam. Dampak dari peralihan tersebut Tari Jogi menjadi Tari yang dikukuhkan sebagai tari Kota Batam yang ditampilkan pada acara pemerintahan dan diajarkan di sekolah. Dari aspek gerak, pola lantai, musik, tata rias dan kostum, Tari Jogi mempunyai rentak yang berbeda, tidak sama dengan Jogi dalam Joget Dangkong. Jogi dalam Joget Dangkong mempunyai gerak yang masih belum tersusun dan terbilang merupakan improvisasi penari. Walaupun sama-sama alat musik tradisional Melayu yaitu Tambur, Gendang, Biola, Gong, dan Accordion, namun Jogi dalam Joget Dangkong dan Tari Jogi sudah mengalami peralihan dari aspek gerak yang sudah tersusun. Gerak Tari Jogi sudah lebih bervariasi terdiri dari 7 ragam gerak yaitu: Sembah, Pinggul, Cantik, Bercermin/berbedak, Berpakaian, Mencuci, Gulung Benang. Penonjolan pada pinggul, getaran pada bahu, dan penonjolan bentuk tubuh lebih mengeskpreasikan tentang kelincahan seorang perempuan. Kostum yang digunakan pada Tari Jogi telah dimodifikasi untuk pertunjukan lengkap dengan aksesoris dan hiasan kepala. Dengan seringnya Tari Jogi dipertunjukkan baik untuk acara masyarakat mapupun acara pemerintahan. Maka otomatis tari ini menjadi indentitas Kota Batam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNerosti, NerostiUNSPECIFIED
CorrectorAstuti, FujiUNSPECIFIED
CorrectorYuliasma, YuliasmaUNSPECIFIED
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 21 Aug 2024 08:16
Last Modified: 21 Aug 2024 08:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53442

Actions (login required)

View Item View Item