Alih Aksara dan Alih Bahasa Manuskrip Sejarah Ringkas Syekh Paseban Assyathari Rahimahullah Taala Anhu Disusun oleh Haji Imam Maulana Abdul Manaf Aminul Khatib

Putri, Delsa Jelita (2024) Alih Aksara dan Alih Bahasa Manuskrip Sejarah Ringkas Syekh Paseban Assyathari Rahimahullah Taala Anhu Disusun oleh Haji Imam Maulana Abdul Manaf Aminul Khatib. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_DELSA_JELITA_PUTRI_20017038_4488_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (a) menyajikan deskripsi manuskrip Sejarah Ringkas Syekh Paseban Assyathari Rahimahullah Taala Anhu. Disusun oleh Haji Imam Maulana Abdul Manaf Aminul Khatib, (b) menyajikan alih aksara teks Sejarah Ringkas Syekh Paseban Assyathari Rahimahullah Taala Anhu. Disusun oleh Haji Imam Maulana Abdul Manaf Aminul Khatib, (c) menyajikan alih bahasa teks Sejarah Ringkas Syekh Paseban Assyathari Rahimahullah Taala Anhu. Disusun oleh Haji Imam Maulana Abdul Manaf Aminul Khatib. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian filologi. Objek penelitiannya adalah manuskrip Sejarah Ringkas Syekh Paseban Assyathari Rahimahullah Taala Anhu. Disusun oleh Haji Imam Maulana Abdul Manaf Aminul Khatib. Metode penelitian ini adalah metode penelitian filologi berdasarkan tahapan penelitian. Pada tahap pengumpulan data digunakan metode kepustakaan, pada tahap deskripsi manuskrip digunakan metode deskriptif, tahap alih aksara menggunakan metode transliterasi atau metode alih aksara, kemudian tahap alih bahasa menggunakan metode alih bahasa. Hasil dari penelitian ini ada tiga, yaitu: (1) deskripsi manuskrip Sejarah Ringkas Syekh Paseban Assyathari Rahimahullah Taala Anhu. Disusun oleh Haji Imam Maulana Abdul Manaf Aminul Khatib yang terdiri atas 18 aspek, (2) alih aksara teks Sejarah Ringkas Syekh Paseban Assyathari Rahimahullah Taala Anhu. Disusun oleh Haji Imam Maulana Abdul Manaf Aminul Khatib disajikan dari aksara ArabMelayu ke dalam aksara Latin dengan menggunakan pedoman alih aksara, (3) penyajian alih bahasa Sejarah Ringkas Syekh Paseban Assyathari Rahimahullah Taala Anhu. Disusun oleh Haji Imam Maulana Abdul Manaf Aminul Khatib dilakukan dari bahasa Melayu dan beberapa kosakata bahasa Minangkabau ke dalam bahasa Indonesia. Manuskrip Sejarah Ringkas Syekh Paseban Assyathari Rahimahullah Taala Anhu. Disusun oleh Haji Imam Maulana Abdul Manaf Aminul Khatib berisikan riwayat hidup seorang ulama Kota Padang yakni Syekh Paseban Assyathari Rahimahullah Taala Anhu. Syekh Paseban dilahirkan di kampung Kota Panjang Koto Tangah Padang pada tahun 1817 Masehi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurizzzati, NurizzzatiUNSPECIFIED
CorrectorHasanuddin, WSUNSPECIFIED
CorrectorZulfadli, ZulfadliUNSPECIFIED
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Aug 2024 07:31
Last Modified: 20 Aug 2024 07:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53421

Actions (login required)

View Item View Item